Tutorial Blog Blogger Pemula, Mudah dan Sederhana

carasunda.com- Tutorial Blog Blogger Pemula, Mudah dan Sederhana

Tulisan dengan judul, Tutorial Blog Blogger Pemula, Mudah dan Sederhana ini saya dedikasikan untuk para pemula. Topik tutorial blog pastinya sudah banyak yang membahas namun dalam beberapa diskusi dengan teman-teman dalam berbagai pertemuan kerap saja ada yang mempertanyakan tentang hal tersebut. 

Maka munculah rasa ingin berbagi saya untuk untuk teman-teman pemula ini. Tutorial blog blogger ini saya ulas berdasarkan pengalaman saya beberapa tahun berkecimpung dengan dunia blogging. Walaupun pengalaman blogging saya masih amat sangat sederhana tetapi saya berharap melalui tulisan sederhana ini bisa membantu temen-temen yang akan terjun merambah dunia blog. 

Sebelum saya lanjutkan kepada Tutorial Blog Blogger Pemula, Mudah dan Sederhana, adakah yang bertanya kenapa sih kok harus blogger?

Sebenarnya tidak harus sih, teman-teman bisa pilih platform lain selain blogger. Hanya saja salah satu pertimbangan saya waktu ini pilih blogger karena mudah dan murah. Bagi yang baru terjun kedunia blogging, saya sarankan blogger.com aja. Selain alasan murah/gratis dan mudah, blogger juga menyediakan fitur-fitur yang lumayan lengkap, aman dan terpercaya, serta alasan-alasan lainnya.

Namun walaupun demikian, bagi para pemula tetap saja ada yang kebingungan, harus mulai dari mana dan bagaimana?

Nah dalam Tutorial Blog Blogger Pemula ini saya hanya akan menjelaskan bagaimana membuat sebuah blog baru bagi teman-teman calon blogger. 

Nah bagi teman-teman calon blogger, saya harap kesampingkan dulu dari pikiran teman-teman tentang dapat duit dari blog. Mungkin ada yang tidak setuju dengan pendapat saya ini? It’s Okay, itu normal. Hanya saja jika itu yang terjadi, maka akan menjadi beban bagi teman-teman sendiri. 

Seiring berjalannya waktu, dengan sendirinya, saya yakin teman-teman akan mengetahui lebih jauh seluk-beluk blog secara mendalam. Asalkan tetap belajar, tidak putus asa (konsisten), sabar dan pada akhirnya teman-teman bisa merasakan manisnya duit dari blog.

Saya berharap Tutorial Blog Blogger ini sedikit memberikan gambaran bagi teman-teman calon blogger yang akan terjun dalam dunia blogging. 

Okey kita lanjut pada.…

Tutorial blog blogger
Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, cara membuat blog blogger.com itu sangat mudah. Pertama-tama, dan yang paling utama, teman-teman harus punya akun google (gmail). Jika sudah punya itu artinya sudah bisa memulai membuat blog. Jika belum buat dulu akun google-nya.
Okey sudah siap? Kita langsung saja pada langkah-langkah yang harus teman-teman lalu;
1. Masuk ke https://www.blogger.com/ 
2. Kemudian Klik “Create Your Blog”
3. Masukan akun google teman-teman (gmail)
4. Lalu klik “Buat Blog Baru”

5. Setelah itu, teman-teman masukan judul blog, alamat blog dan tema blog.


Sebagai catatan, usahakan antara judul blog dengan alamat (url) blog itu sama misalkan:
Saya akan membuat blog baru dengan judul : Tutorial Sunan Maro
Alamat Url-nya : https://tutorialsunanmaro.blogspot.com 
6. Alhamdulillah blog teman-teman sudah jadi. Untuk melihat blog-nya silahkan Klik pada tombol “Lihat blog”


Setelah tutorial blog blogger yang saya jelaskan teman-teman jalankan dan berhasil membuat blog baru, teman-teman juga harus mengetahui menu-menu yang ada pada dashboard blogger. 
Mengetahui menu-menu tersebut sangatlah penting karena dari sana teman-teman bisa mengelola blog teman-teman.

Menu-menu pada dashboard blogger yang terletak di sebelah kiri

Berikut penjelasan singkat menu-menu blogger sesuai nomor gambar di atas:
1. Daftar judul blog yang kita miliki
Pada menu ini teman-teman bisa memilih blog jika teman-teman miliki lebih dari satu blog. Dari menu ini juga teman-teman bisa menambah atau mebuat blog baru.
2. Tombol “entri baru” 
Tombol entri baru berfungsi untuk membuat artikel atau memposting artikel baru.
3. Postingan
Menu ini berfungsi untuk menampilkan, mengelola (mengedit, menghapus dll) semua artikel yang ada pada blog teman-teman.
4. Statistik
Menu ini berfungsi untuk menampilkan statistik blog teman-teman, seperti jumlah visitor, jumlah tayang laman, sumber visitor, dan lain-lain.
5. Komentar 
Menu komentar memiliki  fungsi untuk menampilkan daftar komentar dari pengunjung blog teman-teman yang masuk.
6. Halaman 
Menu ini berfungsi untuk membuat dan menampilkan halaman statis pada blog teman-teman. Lain kali saya jelaskan apa itu halaman statis, Insya Allah.
7. Tata letak
Menu ini berfungsi untuk mengatur tata letak blog teman-teman. Teman-teman juga bisa menghapus atau menambahkan widget-widget blog yang diperlukan, seperti postingan popular, arsip blog, label, termasuk widget iklan seperti adsense jika blog teman-teman sudah di daftarkan di google adsense dan diterima. 
8. Tema atau templet
Menu ini berfungsi sebagai tempat mengganti atau mengedit tema blog teman-teman. 
9. Setelah 
Menu setelan berfungsi untuk mengatur blog teman-teman. Seperti mengganti judu, menapilkan jumlah postingan di halaman utama, mengganti bahasa dan lain-lain. 

Silahkan teman-teman jelajahi dan pahami menu-menu di atas. Sebenarnya masih ada menu lain yang belum tampil. Cara menampilkannya teman-teman harus merubah bahasa Indonesia ke bahasa Inggris Amerika.
Demikian Tutorial Blog Blogger Pemula, Mudah dan Sederhana. Semoga bermanfaat. Jika ada pertnyaan silahkan dilayangkan saja pada kolom komentar. See you next article!

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Tutorial Blog Blogger Pemula, Mudah dan Sederhana"

Post a Comment