Keuntungan Puasa 6 Hari Di Bulan Syawal dan Perhitungannya

carasunda.com- Keuntungan Puasa 6 Hari Di Bulan Syawal dan Perhitungannya
Beberapa tahun yang lalu, pada hari kedua di bulan syawal anak saya yang paling besar, bertanya Abi kenapa Abi puasa lagi padahal Ramadhannya kan sudah selesai? Pertanyaan itu membuat saya harus menjelaskan kepadanya apa saja keuntungan puasa 6 hari di bulan syawal dan hukumnya.
Begini teteh, Ramadhan memang sudah berlalu dan kita sudah melaksanakan puasa selama satu bulan. Kemarin kita merayakan ‘Idul Fitri. Pada hari raya kita diharamkan untuk berpuasa tapi kita disunahkan berpuasa 6 hari di bulan syawal. Artinya kita bisa mulai puasa pada tanggal 2 syawal dan seterusnya.
Pusa 6 hari di bulan syawal boleh dilakukan secara berurutan, misalnya dari tanggal 2-7 syawal atau tidak berturut-turut yang penting selama 6 hari dan  masih pada bulan syawal.
Keuntungan puasa 6 hari di bulan syawal banyak diantaranya:

1.    Akan mendapatkan pahal seperti puasa selama satu tahun
Rasulullah Muhammad Shalallahu‘alaihi Wasalam bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim dan yang lainnya yaitu barang siapa yang puasa dibulan ramadhan kemudian diikuti dengan pauasa selama 6 hari di bulan syawal maka ia seperi pauasa selama satu tahun

Dalam haditsnya yang lain dari Ibnu Majah Nabi Muhammad mengatakan barang siapa berpuasa 6 hari di bulan syawal selepas ‘Idul Fitri maka dia sudah menyempurnakan puasa setahun penuh, karena barang siapa saja yang melakukan kebaikan maka akan dibalas  dengan sepuluh kebaikan semisal.

2.    Akan mendapat pahala 10 kali lipat
Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wasalam memberikan penejelasan dalam hadits berikut yang berbunyi: Barangsiapa mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal setelah 'Idul Fitri berarti ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Dan setiap kebaikan diganjar sepuluh kali lipat.
Nabi Muhammad juga memberikan penjelasan kepada kita lewat hadits lain yang diriwayatkan oleh An-Nasa’i dan Ibnu Majah yaitu Allah telah melipatgandakan setiap kebaikan dengan 10 kali lipat dan puasa Ramadhan setara dengan berpuasa selama sepuluh bulan. dan puasa 6 hari di bulan syawal yang menggenapkannya satu tahun.
Meskipun hukumnya sunah, namun jika kita sanggup sebaiknya lakukan dengan ihklas, Insya Allah akan banyak keuntungan puasa 6 hari di bulan syawal  yang akan kita dapatkan seperti penjelasan tadi.
Maka jika kita puasa selama satu bulan berarti kita mendapatkan pahala sepuluh bulan dan puasa 6 hari di bulan syawal sama dengan 60 kali lipat yang artinya 2 bulan. jadi begitu perhitungannya kenapa kalau kita puasa di bulan Ramadhan selama satu bulan penuh kemudian diiringi dengan 6 hari di bulan syawal seperti puasa selama satu tahun.
Nah begitu perhitungan dan keuntungan puasa 6 hari di bulan syawal. Semoga postingan ini bermanfaat dan menjadi motivasi untuk kita senantiasa berlomba-lomba dalam amal shaleh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Keuntungan Puasa 6 Hari Di Bulan Syawal dan Perhitungannya"

Post a Comment