8 Tradisi Lebaran Khas Indonesia Paling Dinanti

carasunda.com- 8 Tradisi Lebaran Khas Indonesia Paling Dinanti

Istilah lebaran merupakan hal yang sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Berbeda dengan beberapa Negara lain, perayaan Idul Fitri di Indonesia menjadi sebuah moment yang sangat meriah bagi umat muslim.

Ada beberapa tradisi lebaran kas Indonesia yang ngangenin dan spesial di hari raya idul fitri ini. Seperti kita tahui, bahwa budaya lebaran di Indonesia merupakan sesuatu yang sangat dinanti dan paling ditunggu setiap tahunnya. Saya rasa setiap tahun, warga muslim Indonesia tidak pernah lupa dengan berbagai tradisi lebaran khas Indonesia yang paling unik dan ngangenin tersebut. 

Oleh karena itu, kita akan mengulas lagi sedikit tentang berbagai tradisi lebaran khas Indonesia yang membuat hari raya idul fitri di Indonesia menjadi semarak dan paling meriah di seluruh Dunia. 

Inilah 8 Tradisi Lebaran Khas Indonesia

1. Tunjangan Hari Raya (THR)

Tradisi pemberian THR ini merupakan tradisi yang turun temurun yang biasanya dilakukan ketika Hari Raya Idul Fitri. Umumnya, tradisi ini akan dibagikan oleh orang dewasa yang sudah punya penghasilan kepada anak-anak kecil, keponakan dan saudara.

Tidak hanya dikalangan keluarga saja, di kantor-kantor pun baik pemerintah maupun swasta, tradisi ini juga sangat dinantikan oleh para pegawainya atau karyawannya. Dan kini tradisi pemberian THR sudah menjadi ketetapan pemerintah. 

2. Mudik
Tradisi lebaran khas Indonesia yang satu ini pasti tak pernah dilewatkan oleh warga muslim Indonesia khususnya yang ada di perantauan. Sepertinya, mudik menjadi sesuatu hal yang wajib (sunda : kudu) dilakukan. 

Warga Negara Indonesia yang sedang diperantauan pasti memanfaatkan moment lebaran untuk mudik atau pulang kampung berkumpul merayakan idul fitri bersama keluarga tercinta.  Bahkan saking pentingnya mudik ini, mereka sudah memesan tiket pulang kampung jauh-jauh hari karena takut kehabisan.

3. Opor Ayam dan Ketupat

Berbagai makanan khas lebaran bisa kita nikmati di hari spesial tersebut. Namun yang pertama di santap sepulang dari sholat ied adalah ketupat dan opor atau ketupat sayur.

Makanan khas lebaran ini hampir di setiap rumah ada. Begitu pun keluarga saya setiap tahun pasti ada opor dan ketupat. Pokoknya MANTUL (mantap betul).

4. Takbiran

Malam takbiran merupakan  tradisi yang tidak pernah sepi dan selalu ramai dilakukan oleh muslim di Indonesia. Kumandang takbir di malam takbiran merupakan salah satu wujud syukur setelah sebulan penuh puasa. Dan tiba waktunya menyambut Hari Raya Idul Fitri sebagai hari kemenangan.

Tak kalah uniknya dari tradisi malam takbiran ini adalah pawai keliling kota atau keliling kampung dengan menabuh bedug dan senandung takbir. 

5. Halal bi halal

Halal bi halal merupakan tradisi khas paling wajib ketika lebaran. Kegiatan ini merupakan suatu tradisi yang menggambarkan aktivitas bersilaturahmi dengan berkunjung ke sanak saudara, kerabat, teman, tetangga dan kolega ketika hari lebaran telah tiba. 

Menjalin tali silaturahmi itu hukumnya wajib lho. Momen ini sendiri pun selalu dimanfaatkan oleh semua orang sebagai moment untuk saling bermaafan. 

6. Baju baru

Itulah senandung yang selalu terucap ketika lebaran tiba. Tradisi lebaran khas Indonesia yang satu ini lah yang menyebabkan adanya senandung lagu “Baju baru Alhamdulillah”

Tradisi memakai baju baru di hari lebaran ini bisa dimaknai sebagai cerminan dari pribadi yang baru dan bersih ketika hari raya.

Dan bukan hanya baju sebenarnya yang baru, baru/sandal, celana, dan peralatan shalat juga baru. 

7. Ziarah ke Makam

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, ziarah atau nyekar menjadi hal wajib di Hari Lebaran. Biasanya hal ini dilakukan selepas shalat Idul Fitri atau di pagi hari Lebaran pertama tiba. Orang-orang akan mendatangi pemakaman dan memanjatkan doa bagi keluarga dan kerabat yang telah meninggal dunia.

8. Rekreasi

Libur lebaran tidak akan lengkap jika dilalui tanpa sejumlah agenda rekreasi, terutama ketika pulang kampung. Rekreasi menjadi salah satu hal yang paling ditunggu, sebab pada moment lebaran kita bisa memiliki kesempatan yang baik untuk jalan-jalan bersama dengan anggota keluarga lainnya yang juga berkumpul bersama.

Kesempatan berharga yang jarang bisa terjadi, karena itu sangat penting untuk melewatkannya dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan, salah satunya dengan rekreasi.

Demikian ulasan beberapa tradisi lebaran khas Indonesia yang masih terjaga dan dilakasanakan oleh masyarakat Indonesia. Apakah kamu punya tradisi khusus, selain yang sudah saya sebutkan di atas? 

Jika YA silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini ya guys! 

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "8 Tradisi Lebaran Khas Indonesia Paling Dinanti"

Post a Comment