Soal Ujian Bahasa Indonesia SMP-MTS Kelas 7 PAS/UAS Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020

carasunda.com- Soal Ujian Bahasa Indonesia SMP-MTS Kelas 7 PAS/UAS Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020 

Halo sobat carasunda.com, semoga kalian dalam keadaan sehat walafiat. Kali ini cara sunda akan memposting Soal Ujian Bahasa Indonesia SMP-MTS Kelas 7 untuk kegiatan Penilaian Akhir Semester/Ujian Akhir Semester Ganjil (PAS/UAS) Tahun Pelajaran 2019-2020. 

Soal Ujian Bahasa Indonesia untuk SMP-MTS Kelas 7 ini mengacu pada kurikulum 2013. Dan untuk memudahkan kalian dalam belajar guna mempersipakan diri menghadapi PAS/UAS Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020, maka kami lengkapi soal ujian Bahasa Indonesia tersebut dengan pembahasan atau kunci jawaban. 

Soal Ujian Bahasa Indonesia SMP-MTS Kelas 7 ini bisa kalian jadikan bahan latihan dalam menghadapi PAS/UAS tahun pelajaran 2019-2020 yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Kami harapkan setelah kalian mempelajari soal-soal ini, kalian bisa memprediksi bentuk-bentu soal dan materi yang akan diujikan pada kegiatan PAS/UAS Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020. 

Dan semoga saja, setelah kalian belajar dengan sungguh-sungguh kompetensi kalian dalam bidang mata pelajaran Bahasa Indonesia akan meningkat. Harapannya adalah nilai kalian akan lebih baik dari semester yang lalu. 

Dan berikut contoh Soal Ujian Bahasa Indonesia SMP-MTS Kelas 7 PAS/UAS Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020 :

SOAL UJIAN PAS SMP/MTs SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2019-2020
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia  Kurikulum 2013
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/1 (Ganjil)

Pilihlah A, B, C, atau D sebagai jawaban yang benar untuk pertanyaan-pertanyaan berikut ! 

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 8 ! 

WISATA ALAM SITU SANGIANG

situ sangiang
Situ Sangiang, merupakan salah satu objek wisata alam di Kabupaten Majalengka. Objek wisata ini terletak di Desa Sangiang Kecamatan Banjaran, berjarak kurang lebih 27 KM dari kota Kabupaten. Luas Situ Sangiang sekitar 26,4 hektar (daya tampung sekitar 2.904.000 m3). Situ ini merupakan situ alami yang sumber airnya mengandalkan sumber mata air tanah dan curah hujan. Situ ini terletak di kawasan hutan konservasi kawasan Taman Nasional Gunung C iremai (TNGC). 

Akses menuju objek wisata ini cukup baik dan mudah. Baik jalur jalan dari arah Argapura, Wates, atau pun dari arah Talaga sudah berkonstruksikan aspal hotmix. Selain itu, di sepanjang perjalanan menuju ke wilayah obyek wisata ini kita akan melewati pemandangan alam yang memesona berupa hamparan ladang pertanian yang menghijau melilit melingkari bebukitan dan menghiasi lembah-lembah yang indah.

Memasuki gerbang 1, gerbang 2, hingga tepi situ disambut dengan pohon-pohonan besar yang usianya sudah ratusan tahun berdiri kokoh menghiasi kelebatan hutan Situ Sangiang dengan berbagai satwa yang hidup di dalamnya. Selain pohon-pohonan besar yang kita lewati di sebelah kiri jalan setapak menuju situ, terdapat pula makam leluhur terdahulu yaitu makam Sunan Parung. Sunan Parung adalah salah seorang raja dari Kerajaan Talaga Manggung. Makam Sunan Parung sering diziarahi oleh para penziarah. Para penjiarah ini bukan saja berasal dari wilayah Majalengaka tetapi juga berasal dari luar daerah.Sehingga selain obyek wisata alam, Situ Sangiang juga merupakan obyek Wisata Religi. 

Pemandangan alam di objek wisata Situ Sangiang ini masih sangat asri. Hutan yang rimbun dan lebat menghiasi sekeliling situ seakan memberi kenyamanan dan keamanan kepada pengunjung. Angin berhembus dan udara yang segar bersih mengelus-elus memberi kesejukan. Suara-satwa penghuni hutan seperti burung, kera dan lutung ramai bersahutan seakan menyambut kehadiran para pengunjung yang datang. Riak air yang bening jernih dengan berbagai ikan yang berenang kesana kemari seolah bersahabat dengan kita menambah suasana keelokan Situ ini. 

Sungguh indah dan memesona pemandangan alam ini. Kita perlu mensyukuri dan menjaga kelestarian alam ciptaan Tuhan ini agar memberikan banyak manfaat bagi kehidupan dari masa ke masa. 

1. Tujuan yang ingin dicapai dari teks deskrifsi di atas adalah... , 
a. Menggambarkan keindahan alam pegunungan 
b. Menggambarkan keindahan lahan pertanian 
c. Mendeskrifsikan keindahan Situ Sangiang 
d. Mendeskrifsikan Taman Nasionan Gunung Ciremai (TNGC) 

2. Sinonim kata akses pada paragraf kedua teks di atas adalah... 
a. Jalan masuk 
b. Jalur jalan 
c. Lajur jalan 
d. Jalan-jalan 

3. Makna kata hutan konservasi pada paragraf pertama teks di atas adalah... 
a. Hutan lebat 
b. Hutan lindung 
c. Hutan hujan trofis 
d. Hutan rimba 

4. Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi di atas termasuk jenis teks deskrifsi...
a. Teks deskrifsi berdiri sendiri 
b. Teks deskrifsi irisan dari teks lain 
c. Teks deskrifsi bagian dari teks lain 
d. Teks deskrifsi subjektif 

5. Bagian deskripsi umum pada teks deskripsi di atas terdapat pada paragraf.... 
a.
b.
c.
d.

Adapun link untuk mendownload Soal Ujian Bahasa Indonesia SMP-MTS Kelas 7 Dan Pembahasannya bisa klik pada tautan di bawah ini.

Soal Ujian Bahasa Indonesia SMP-MTS Kelas 7 Plus Pembahasan/Kunci Jawaban

Demikian postingan kami tentang Soal Ujian Bahasa Indonesia SMP-MTS Kelas 7 PAS/UAS Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020, semoga bermanfaat dan membantu kalian yang membutuhkan. 

Jangan lupa belajar dan bahagia! 
Good Luck!

Catatan : 
  • Soal Ujian Bahasa Indonesia SMP-MTS Kelas 7 PAS/UAS Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020 hanya sebagai bahan latihan saja
  • Dilarang copas dan repost!
  • Maaf link download akan aktif H-2 dari pelaksanaan PAS/UAS Ganjil

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Soal Ujian Bahasa Indonesia SMP-MTS Kelas 7 PAS/UAS Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020"

Post a Comment