Taman Nasional Bunaken Selalu Menjadi Pusat Perhatian Wisatawan

carasunda.com - Taman Nasional Bunaken Selalu Menjadi Pusat Perhatian Wisatawan

Taman Nasional Bunaken yang berada di Provinsi Sulawesi Utara di kota manado dan bertepatan di kawasan segitiga terumbu karang. Kawasan ini memiliki luas 89.065 hektare dan didirikan sejak tahun 1991. Di kawasan ini, habitat lautnya sebesar 97 persen dan daratannya hanya 3 persen saja. Untuk lebih mengenal wisata ini mari kita bahas dari peresmiannya.

Awal Peresmian Taman Nasional Bunaken 

Peresmiannya dilangsungkan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 24 Desember 1992 di Bongohulawa. Tidak hanya sebagai wisata , namun kawasan ini juga menjadi tempat yang memberikan perlindungan terhadap keanekaragaman tumbuhan bawah laut dan satwa. Selain itu, juga memiliki fungsi pelestarian sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. 

Nama Bunaken sudah dikenal sejak tahun 1885, namun keindahan lautnya baru diketahui oleh sekelompok penyelam sejak tahun 1975. Wisata Taman Nasional Bunaken Bagi pecinta diving kawasan ini sangat cocok untuk di kunjungi dan selalu menjadi surga bagi penikmat wisata bawah laut. 

Jika pengunjung mau menuju kawasan Bunaken ini, maka harus menyebrang melalui Pelabuhan Manado di Kecamatan Molas. Setelah sampai di Pelabuhan Manado, pengunjung diarahkan untuk menaiki perahu motor menuju ke pulau pilihan di Taman Nasional Bunaken. Pulau pilihan di Bunaken meliputi Pulau Siladen, Pulau Bunaken, Pulau Montehage, dan Pulau Nain. 

Perjalanan ke setiap pulau memiliki waktu tempuh yang berbeda-beda mulai dari 20 menit hingga ada yang 60 menit. Pantai Liang merupakan pantai favorit para pengunjung, karena pantai ini merupakan pusat dari pergerakan perekonomian masyarakat. 

Di Pantai Liang ini banyak masyarakat yang menjual makanan, minuman,souvenir hingga ada yang menyediakan penyewaan alat untuk menyelam. Yang menjadi ciri khas di Pantai Liang Bunaken ini terdapat tugu ikonik Bunaken. Untuk memasuki wisata ke Taman Nasional Bunaken ini akan dikenakan biaya  tiket masuk sebesar Rp 150.000 bagi wisatawan asing dan Rp 50.000 bagi pengunjung lokal. 

Simak Keunikan Wisata Taman Laut Bunaken

Daerah Bawah Laut Yang Paling Kaya Di Dunia 

Taman Laut Bunaken ini sangatlah ketat perlindungannya, maka tidak heran jika kekayaan alam bawah lautnya sangatlah terawat dengan baik. Dan bahkan hampir 70% spesies biota laut yang ada di dunia ini bisa ditemukan di taman bawah laut ini. 

Yang menakjubkan adalah terumbu karang yang paling lengkap nan indah, ada sekitar 58 spesies terumbu karang yang dapat ditemui di Bunaken. Bahkan ratusan ikan pun memiliki habitat di antara terumbu karang. 

Baca Juga : Likupang, Surga Wisata yang Tersembunyi

Ekosistem Darat Yang Tidak Kalah Memukau 

Ketika anda ingin melihat keindahan pantai berpasir putih yang sangat mempesona, maka berkunjunglah ke Pulau Bunaken dan Pulau Siladen. Di pantai kedua pulau ini banyak sekali macam-macam hewan dan tumbuhan yang sangat menyejukkan dan menenangkan.

Terdapat 4 Spot Menyelam Yang Sering Dikunjungi Oleh Para Pecinta Diving

4 spot tersebut meliputi malcolm, bethlehem, emma point dan rumah ikan. Namun ada 2 spot snorkling yang paling sering dikunjungi adalah Emma Point dan rumah ikan. Disana tidak pernah ada larangan untuk menyelam, Tapi waktu yang paling baik untuk menyelam di bulan juni hingga agustus.

Di Bunaken pengunjung juga bisa melihat hutan mangrove dan dapat menyusuri hutan tersebut karena disana terdapat sebuah perahu untuk dipakai mengitari hutan mangrove. Di hutan ini anda dapat melihat berbagai hewan seperti kepiting, udang, dan burung camar.

Taman Nasional Bunaken ini membuat para wisatawan asing terhipnotis akan keindahannya. Karena tidak hanya indah, tempat ini juga sangat beragam hewan lautnya dan bisa dijadikan tempat berlibur sekaligus bisa menjadi tempat belajar mengenal satwa laut bagi yang memiliki anak kecil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Taman Nasional Bunaken Selalu Menjadi Pusat Perhatian Wisatawan"

Post a Comment