Nikmati Keindahan Pantai Cacalan Banyuwangi

carasunda.com- Nikmati Keindahan Pantai Cacalan Banyuwangi

Salah satu pantai tersembunyi Banyuwangi adalah Pantai Cacalan. Pantai Cacalan berada di daerah Sukowidi, Kelurahan Klatak, dan Kecamatan Kalipuro. Pantai ini berada di lokasi yang tepat, hanya 5 km dari kota Banyuwangi ke Pelabuhan Ketapang.

Menariknya, pantai ini terdapat di daerah Lundin Industri Invest adalah perusahaan galangan kapal yang beroperasi sejak tahun 2001 dan memproduksi kapal militer berbasis teknologi Swedia. Lokasi perusahaan dan pantai berada di lingkungan yang sama, sehingga pengunjung dapat melihat pabrik pembuatan kapal dari luar.

Sejak dibangunnya berbagai fasilitas, Pantai Cacalan menjadi favorit keluarga dan remaja Banyuwangi. POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) dan masyarakat sekitar secara bertahap memperbaiki pantai yang dulunya tidak terawat.

Harga tiket masuk ke Pantai Cacalan untuk sepeda motor adalah dua ribu rupiah dan untuk mobil adalah lima ribu rupiah.

Hal-hal yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Cacalan

1. Area Permainan Perahu Kano

Area Permainan Perahu Kano terletak di rawa dangkal dekat Pantai Cacalan. Rawa yang banyak ditumbuhi pohon bakau telah diubah menjadi tempat yang menarik untuk bermain kano. Anda dapat mencoba mengendarai kano di sekitar rawa dengan membayar dua puluh ribu rupiah.

Maksimal satu dewasa dan satu anak-anak dapat ditumpangi dalam satu kano. Permainan kano menjadi daya tarik utama bagi anak-anak saat akhir pekan atau hari libur. Anak-anak yang bermain perlu didampingi oleh orang dewasa. 

Anda tidak perlu antri terlalu lama karena ada lebih dari lima perahu kano yang disewakan di lokasi ini. Tempat permainan air ini juga menjadi lokasi foto favorit para wisatawan. Selain itu, masih ada pemandangan pantai yang menghadap langsung ke selat Bali dan rawa di sekitarnya.

Baca Juga : Wisata Alam Yang Mempesona

2. Rumah Merpati

Pantai Cacalan memang cocok untuk liburan keluarga, seperti yang disebutkan dalam judul artikel. Pantai ini juga memiliki rumah merpati dengan banyak merpati cantik. Saat diberi makan, merpati ini biasanya terbang bergerombol. Hubungi petugas yang berjaga di sekitar rumah merpati untuk bisa berfoto dengan burung merpati.

3. Pondok untuk Bersantai

Tak perlu repot-repot membawa tikar atau perbekalan pribadi. Pantai Cacalan juga memiliki pondok-pondok santai di seluruh pantai. Anda dapat memesan makanan dari warung-warung di sekitar pondok, lalu bersantai dan berbicara dengan anggota keluarga di pondok. Sambil menikmati makanan atau minuman yang telah disediakan.

Liburan Anda dan keluarga dapat dibuat nyaman dan menenangkan dengan pemandangan yang asri dan angin pantai yang sepoi-sepoi.

4. Spot Sunrise

Selain itu, pantai Cacalan adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat matahari terbit di Banyuwangi. Kota Banyuwangi dijuluki Sunrise of Java, yang berarti matahari terbit terlebih dahulu di Banyuwangi daripada di seluruh Pulau Jawa. Karena itu, banyak orang yang pergi ke Pantai Cacalan di pagi hari. Olahraga pagi biasanya dilakukan bersamaan.

5. Toko Oleh-Oleh khas Banyuwangi

Toko oleh-oleh di sekitar Pantai Cacalan menawarkan oleh-oleh khas Banyuwangi, mulai dari makanan ringan hingga pakaian, saat Anda pulang dari perjalanan ke Pantai Cacalan.

Di Pantai Cacalan juga ada fasilitas umum seperti toilet dan musola. Salah satu alasan utama mengunjungi pantai ini adalah ombak yang tenang dan aman untuk berenang. Semuanya ada di sini, apakah Anda ingin bermain pasir pantai atau bersantai menikmati angin sepoi-sepoi.

Itulah informasi seputar Pantai Cacalan yang dapat anda jadikan objek wisata untuk keluarga anda. Segera kunjungi Pantai Cacalan dan nikmati keindahan alamnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Nikmati Keindahan Pantai Cacalan Banyuwangi"

Post a Comment