Nikmati Keindahan Blue Fire Hanya Di Kawah Ijen

carasunda.com-Nikmati Keindahan Blue Fire Hanya Di Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah kawah yang memiliki pemandangan yang begitu indahnya, sehingga tak hanya menarik wisatawan lokal tetapi juga wisatawan asing(turis) Wisata ini berupa danau asam yang memiliki warna hijau kebiruan. 

Kawah ini berdiameter 700 meter dan memiliki kedalaman sampai 200 meter, dan mencapai luas 5.466 hektar. Kawah ijen ini keindahan dan keistimewaannya yang mempesona akan  membuat kamu merasa terhipnotis.

Keistimewaan Dari Kawah Ijen Kawah ini memiliki tampilan yang unik karena disekitarnya terdapat kabut yang selalu menyelimuti kawahnya dikarenakan suhunya berada di kisaran 2 derajat celcius. Kawah ijen ini menjadi kebanggan masyarakat Jawa Timur karena terkenal hingga ke mancanegara. Hingga para wisatawan asing berdatangan. 

Keistimewaan Dari Kawah Ijen

1. Adanya Fenomena Blue Fire di Kawah Ijen 

Mungkin sudah tidak asing lagi mengenai fenomena eternal blue fire atau yang sering di sebut sebagai api biru abadi. Fenomena ini hanya terjadi di dua tempat saja yaitu di Gunung Dallol yang berada di Etiopia dan Ijen yang lokasinya di Bondowoso Jawa Timur. 

Blue fire ini hanya bisa dilihat oleh mata manusia tanpa adanya cahaya, karena waktu yang paling ideal untuk melihatnya hanya mulai dari pukul 2 sampai pukul 4 dini hari. Sebab pendakian Gunung Ijen baru dibuka sekitar pukul 2 dini hari. 

Dari Kawah Ijen ini, kita bisa melihat beberapa keindahan gunung lainnya seperti, puncak Gunung Marapi yang berada tepat di timurnya Kawah Ijen, Gunung Rante, Gunung Suket, dan Gunung Raung. 

2. Kawah Ijen Memiliki Diameter Sampai 1Km 

Kawah Ijen merupakan jenis fitur vulkanik khusus yang umum di Indonesia. Lantainya ditutupi penuh dengan danau hangat yang berwarna hijau agak kebiruan dan ditahan oleh bendungan yang telah dibangun Belanda sejak bertahun-tahun yang lalu. 

3.Bisa Melihat Kehidupan Para Penambang Belerang 

Keunikan dari perjalanan wisata Kawah Ijen yaitu kamu bisa mempelajari tentang kehidupan para penambang belerang. Disana kamu pasti akan bertemu dengan orang yang sedang mencari nafkah melalui pertambangan belerang. 

Jika para pekerja tidak sibuk, maka kamu bisa  mendengar cerita dan keluh kesah mereka. Mungkin tentang bagaimana mereka menjalani kehidupan, melakukan pekerjaan dengan taruhan nyawa, dan bahkan tentang pengunjung yang kurang sopan.

Pendakian Menuju Kawah Ijen

Pendakian ke Kawah Ijen ini sangatlah menantang bagi para pemula, karena memiliki rute, jarak, dan Medan yang tidaklah gampang untuk dilalui. Bagi para pemula sebelum melakukan pendakian di sarankan membawa perlengkapan trekking yang lengkap.

Daftar Perlengkapan Untuk Mendaki Kawah Ijen 

Sebelum mendaki kita wajib mempersiapkan dan membawa perlengkapan yang dibutuhkan. Mungkin bagi para pendaki senior sudah mengetahui bukan apa saja perlengkapan untuk pendakian? Bagi pemula yang baru ingin memulai mendaki ini adalah daftar perlengkapannya. 

1. Pakaian penghangat seperti jaket 

2. Penutup kepala 

3. Kaos kaki dan sepatu yang khusus untuk mendaki 

4. Diwajibkan memakai masker karena gas belerangnya beracun 

5. Sarung tangan 

6. Sepatu daki 

7. Air mineral secukupnya 

8. Alat penerangan seperti, senter 

9. Logistik atau makanan ringan secukupnya 

10. Tongkat hiking jika dibutuhkan 

11. Peralatan dokumentasi seperti, hp, kamera, dan lain-lain 

12. Alat sholat bagi yang muslim 

Pastikan anda membawa perlengkapan yang nyaman dipakai dan sesuai dengan standart pendakian. dan jangan lupa sebelum berangkat mendaki juga harus mengecek daftar perlengkapan. Setelah perlengkapan pasti kamu bertanya-tanya mengenai jarak pendakiannya bukan.? 

Jalur pendakian yang dimulai dari Pos Paltuding menuju ke puncak Kawah Gunung Ijen menempuh jarak sekitar 3,4 kilometer. Tetapi jarak tersebut masih belum termasuk mendaki dari puncak menuju ke kawah yang mempunyai jarak kurang lebiih 700 meter. Nah bagi para pemula jangan lupa coba mendaki di Kawah Ijen pasti akan mengesankan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Nikmati Keindahan Blue Fire Hanya Di Kawah Ijen"

Post a Comment