Bentuk Gaya Hidup Sehat Dari Pola Makan yang Baik

 carasunda.com- Bentuk Gaya Hidup Sehat Dari Pola Makan yang Baik

Semua orang membutuhkan pola makan yang sehat. Pola makan yang sehat sangat bermanfaat bagi anak-anak, remaja, dewasa, dan orang lanjut usia. Kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan atau mengatur pola makannya. 

Kebanyakan orang hanya mencari makanan yang enak, cepat disiapkan, atau mudah disantap. Padahal, berbagai makanan dan kebiasaan makan yang salah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang sangat berbahaya. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat menu dan pola makan yang sehat. 

Beberapa Informasi Tentang Makan Sehat

Pedoman Diet untuk Orang Amerika 2015–2020 menekankan pola makan sehat yang berfokus pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan susu rendah lemak. Daging merah, ikan, dan telur juga termasuk. Ada beberapa hal yang kurang diketahui tentang diet.

1. Mencegah berbagai penyakit 

Pola makan yang sehat tidak hanya mencegah tubuh dari malnutrisi, tetapi juga mencegah berbagai penyakit, termasuk penyakit tidak menular seperti diabetes, stroke, dan kanker.

2. Meningkatkan kesehatan dan perkembangan kognitif dalam jangka panjang

Pola makan yang sehat mendorong pertumbuhan yang sehat dan perkembangan kognitif. Pola makan yang sehat juga bermanfaat untuk kesehatan Anda dalam jangka panjang karena dapat mencegah diabetes, kelebihan berat badan, obesitas, kanker, dan serangan jantung.

3. Mengurangi konsumsi gula 

Mengurangi asupan gula adalah salah satu cara untuk menjalani pola makan yang lebih sehat. Pola hidup sehat mengharuskan Anda membatasi asupan gula hingga 10% dari asupan energi Anda, sementara menguranginya hingga 5% memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan Anda.

4. Pengurangan garam 

Orang dewasa sering mengalami tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Mengurangi asupan garam menjadi kurang dari 2 gram per hari dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Makan apa yang Anda suka dengan cara yang sehat 

Untuk menjaga pola makan yang sehat, Anda harus mengimbangi pola makan Anda dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda dan menjaga agar tidak berlebihan. Anda dapat terus mengonsumsi makanan yang Anda suka jika Anda mengikuti pola makan yang sehat. 

Anda dapat melakukannya dari waktu ke waktu dan menyeimbangkan pola makan yang lebih sehat dengan lebih banyak aktivitas fisik. Jika Anda ingin tetap menjalani gaya hidup sehat meskipun Anda tetap mengonsumsi makanan tinggi kalori, gula, dan lemak, berikut beberapa saran.

6. Mengurangi jumlah makan 

Jika Anda ingin menjaga pola makan yang sehat, Anda harus mengurangi seringnya Anda makan makanan favorit Anda. Anda bisa memperbaikinya hingga hanya seminggu atau sebulan sekali.

7. Mengurangi jumlah makanan 

Selain itu, Anda harus mempertimbangkan untuk mengurangi jumlah makanan favorit Anda. Ini karena makanan favorit Anda mungkin mengandung banyak kalori, jadi Anda harus membatasinya.

8. Buat resep rendah kalori baru 

Tip lain untuk tetap makan makanan yang Anda sukai adalah dengan membuat resep baru dengan jumlah kalori yang rendah. Anda dapat memilih makanan yang lebih rendah kalori dan tetap sehat.

Anda dapat menjalani gaya hidup yang lebih sehat dengan mengikuti informasi dan saran makan sehat di atas. Anda harus menyeimbangkan aktivitas fisik, istirahat, dan manajemen stres selain mengatur pola makan Anda.

Tentunya manfaatnya akan Anda dapatkan jika kita produktif dalam mengikuti saran tersebut. Pastinya akan banyak manfaat penting lainnya akan Anda dapatkan juga nantinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Bentuk Gaya Hidup Sehat Dari Pola Makan yang Baik"

Post a Comment