Profil Kapolri Tito Karnavian

carasunda.com- Profil Kapolri Tito Karnavian

wikipedia
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menjadi sorotan publik. Wajahnya sering menghiasi media-media massa. Hal ini tidak lepas dari berbagai kasus yang sedang ditangani Polri. Dulu ada kasus yang cukup menyita perhatian publik yaitu penistaan agama oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Ahok. Dimana pada tanggal 4 November 2016 ratusan ribu umat Islam melakukan aksi damai menuntut segera diadilinya mantan Bupati Belitung tersebut. Dan polri membuktikan bahwa mereka mampu menyelesaikan kasus tersebut dengan cepat secara transparan. Baru-baru ini terjadi lagi kasus kerusuhan demo di Jakarta terhadap hasil pleno Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden oleh KPU yang menyebabkan beberapa orang tewas. Dan berbagai kasus lainnya yang menyita perhatian masyarakat kita. 

Maka menjadi sangat menarik ketika kita membicarakan profil Kapolri Tito Karnavian. Karena pada dirinyalah publik akan melihat sepak terjang polri terkait kasus-kasus tersebut. 

Berikut ini ulasan singkat jejak profil Kapolri Tito Karnavian

Beliau lahir di Palembang, Sumatra Selatan pada tanggal 26 Oktober 1964 dengan nama lengkap Muhammad Tito Karnavian. Ibunya bernama Hj. Kardiah yang berprofesi sebagai bidan serta ayahnya bernama H. Achmad Saleh. Pada tahu 1991 beliau menikah dengan Tri Suswati dan dikaruniai tiga orang anak.

Riwayat pendidikan Profil Kapolri Tito Karnavian :

Pendidikan SD-nya beliau selesaikan di SD Xaverius 4 Palembang pada tahun 1977. Kemudian beliau melanjutkan pendidikannya ke SMP Xaverius 2 Palembang dan lulus tahun 1980. Kemudian ia melanjutkan studinya di SMA N 2 Palembang dan lulus tahun 1983. Saat menjadi siswa beliau tercatat sebagai siswa yang berprestasi dan cerdas, terbukti pada saat ia mengikuti ujian perintis, ia lulus di berbagai tes yang diselenggarakan oleh lembaga negara dan universitas. Beliau memilih melanjutkan sekolahnya di Akademi Kepolisian dan lulus tahun 1987 sebagai lulusan Akpol terbaik dan berhak menerima bintang Adhi Makayasa. 

Tahun 1993 beliau berhasil menyelesaikan pendidikan Master of Arts (M.A.) bidang  police studies dari University of Exeter. Tahun 1996 beliau menjadi lulusan terbaik dari Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). Dan puncaknya pada tahun 2013 beliau memperoleh gelar Ph.D dari Nanyang Technological University, Singapura dengan predikat magna cum laude.

Riwayat Jabatan Profil Kapolri Tito Karnavian

Beberapa jabatan penting di tubuh Polri pernah beliau pegang diantaranya : Kapolres Serang Polda Banten, Kadensus 88 Anti Teror Polri, Deputi Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT, Kapolda Papua, Asrena Polri, Kapolda Metro Jaya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme  atau BNPT, dan puncaknya pada Juni 2016 beliau menjabat orang nomor satu di Polri (Kapolri).

Demikian profil Kapolri Tito Karnavian, walaupun singkat tapi semoga memenuhi keingintahuan kita tentang Profil Kapolri Tito Karnavian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Profil Kapolri Tito Karnavian"

Post a Comment