Tips Diet Sehat Secara Alami Mudah dan Cepat

carasunda.com- Tips Diet Sehat Secara Alami Mudah dan Cepat

Artikel kali ini akan membahas tips diet sehat secara alami mudah dan cepat. Memiliki postur tubuh yang proporsional dengan berat badan ideal merupakan impian setiap orang baik wanita maupun laki-laki.

Tips diet sehat secara alami sangat penting untuk diketahui. Karena pada zaman modern sekarang ini, kecenderungan seseorang untuk menjadi gemuk sangatlah besar. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari pola hidup tidak sehat yang dijalani karena tuntutan zaman yang serba instan dan cepat. Berbagai makanan cepat saji semakin populer dan menjadi pilihan favorite. Padahal kita tahu makanan tersebut merupakan faktor penyebab berat badan terus naik. 

Bukan hanya itu saja, ternyata kesibukan yang menyebabkan kurangnya waktu untuk berolah raga serta stres, gelisah, dan kurang tidur merupakan faktor-faktor yang bisa menyebabkan berat badan berlebih.

Tips diet sehat secara alami 

Terlepas dari semua itu, untuk memiliki berat badan yang ideal, tubuh yang indah dan proporsional serta sehat sebenarnya mudah. Kunci keberhasilannya terletak pada motivasi masing-masing individu untuk merubah dan konsisten menerapkan pola hidup sehat. Ada banyak tips diet sehat secara alami, mulai dari yang ringan-ringan sampai yang berat-berat, mulai dari yang berdampak luar biasa sampai yang berdampak biasa-biasa saja. Berikut ini tips diet sehat yang bisa kamu coba terapkan.

1. Minumlah air putih sebelum makan

tips diet sehat yang pertama adalah minum air putih sebelum makan. Dengan mengawali minum air putih sebelum makan akan membantu mengurangi porsi makan karena perut lebih dulu akan terasa kenyang. 

Selain itu, banyak meminum air putih dapat meningkatkan hidrasi sel-sel tubuh yang akan menunjang proses metabolisme. Para pakar kesehatan menyarankan agar meminum air putih minimal 8 gelas sehari.

2. Mulai hari ini jangan meninggalkan sarapan

Sebagian besar orang salah memahami tentang program diet sehat menurunkan berat badan. Mereka yang ingin memiliki berat badan ideal cenderung meninggalkan sarapan. Padahal itu adalah kesalahan yang akan berdampak buruk padanya. 

Jika kamu tidak sarapan maka metabolisme akan lambat sehingga aka merusak program penurunan berat badan kamu. Oleh karena itu tetap sarapan dengan makanan yang kaya serat, bervitamin, bergizi dan kaya akan protein seperti putih telur, sayuran dan susu.

3. Yuk konsumsi makanan kaya serat dan protein

tips diet sehat selanjutnya adalah dengan senantiasa mengonsumsi makanan yang kaya serat dan protein. Sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya serat setiap hari terutama pada siang dan malam hari. Makanan berserat tinggi bisa kamu dapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Seperti brokoli, lobak, kembang kol, kubis merah, labu, bayam, buah pir, buah pisang, pepaya dan jambu biji.

4. Cobalah ganti asupan karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks

Karbohidrat merupakan sumber energi juga gula, tetapi jenis karbohidrat sederhana biasanya sulit diserap oleh tubuh sehingga cenderung akan ditimbun dalam bentuk lemak. Sumber berkarbohidrat sederhana biasanya berupa nasi putih, mie, pasta, dan lain-lain.
Ketika kamu sedang melakukan program diet sehat menurunkan berat badan maka ganti asupan kabohidrat sederhana dengan makanan berkabohidrat kompleks seperti beras merah, gandum, sereal, oat meal, dan berbagai jenis kacang-kacangan.

5. Berolah raga secara rutin dan teratur

Tips diet sehat agar efektif harus ditunjang dengan olah raga rutin dan teratur. Penelitian telah membuktikan bahwa olahraga dapat memangkas lemak berlebih dalam tubuh. Kamu bisa memulai dengan memilih olah raga favoritmu seperti bersepeda, joging, senam aerobik dll. Lakukan olah raga minimal 30 menit setiap hari.

Selain tips diet sehat secara alami di atas, ada beberapa hal harus dihindari ketika sedang menjalankan program diet sehat, diantaranya :

1. Makan malam dengan makanan yang mengandung karbohidrat
2. Stres
3. Kurang tidur atau begadang
4. Telat makan
5. Porsi makan yang berlebihan
6. Makan makanan yang digoreng atau ditumis dengan minyak

Demikian tips diet sehat secara alami mudah dan cepat. Semoga artikel sederhana ini dapat bermanfaat. Jika kamu punya tips diet sehat lainnya silahkan share pada kolom komentar di bawah ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Tips Diet Sehat Secara Alami Mudah dan Cepat"

Post a Comment