Ibu-ibu Wajib Tahu! Manfaat Gaya Hidup Sehat Untuk Ibu Hamil

carasunda.com- Ibu-ibu Wajib Tahu! Manfaat Gaya Hidup Sehat Untuk Ibu Hamil

Manfaat gaya hidup sehat sangat penting. Apalagi buat ibu hamil, karena menyangkut kesehatan dirinya dan juga si janin yang sedang di kandung dalam rahimnya. Maka topik pembahasan manfaat gaya hidup sehat untuk ibu hamil menjadi sangat penting untuk diketahui. Bukan hanya oleh si ibu hamil saja tetapi setiap orang yang berada dekat dengan ibu hamil tersebut perlu memperhatikannya.

Setiap orang termasuk ibu hamil pastilah memerlukan kualitas hidup yang lebih baik. Kualitas hidup yang baik harus ditunjang dengan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat bagi ibu hamil mutlak diperlukan guna menunjang kesehatnya dan juga agar janin yang ada dalam rahimnya dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat serta terhindar dari berbagai gangguan yang bisa membahayakannya. 

Untuk merasakan manfaat gaya hidup sehat bagi ibu hamil tidaklah semudah membalikan telapak tangan, karena banyak hal yang harus dilakukan dan juga dihindari contohnya menghindari pola makan dan minum yang tidak sehat seperti makan makanan instans yang banyak mengandung pengawet kimia berbahaya, menghindari minum-minuman bersoda, terlebih lagi yang beralkohol.

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat gaya hidup sehat untuk ibu hamil, maka ada hal-hal yang perlu diperhatikan terkait gaya hidup sehat untuk ibu hamil.  Diantaranya :

1. Makanan dan minuman ibu hamil

Makanan dan minuman menjadi hal yang sangat urgen bagi ibu hamil. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, seperti sayuran, buah-buhan, susu, ikan dan berbagai jenis kacang-kacangan  merupakan pilihan  yang sangat baik dan akan membuat seorang ibu hamil dan bayi yang dikandungnya sehat. Selain itu, ibu hamil juga penting untuk memperbanyak minum air putih dan menghindari minuman beralkohol serta tidak mengkonsusmi makanan yang mengandung lemak dan mengandung bahan pengawet kimia.

2. Berolah raga secara rutin

Selain mengatur pola makan, melakukan kegiatan olah raga juga sangat penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh semasa kehamilan. Ibu hamil yang bugar dan sehat besar kemungkinan akan melahirkan bayi yang sehat.  Olah raga seperti joging, senam ibu hamil, berenang, yoga dan peregangan sangat dianjurkan. 

3. Istirahat secara baik dan teratur

Penting bagi ibu hamil untuk istirahat yang cukup dan teratur, dan sebaiknya hindari pekerjaan yang terlalu berat. 

4. Hindari stres

Bagi ibu hamil sebaiknya berusaha agar tidak mengalami stres yang akan mengganggu perkembangan janin dalam rahimnya.

5. Hindari rokok

Jika suaminya perokok maka sebaiknya seorang ibu hamil menjauh dari asap rokok suaminya. Atau berilah pengertian agar ketika suaminya merokok supaya menjauh dulu dari dirinya. Dan bagi para suami jika sayang sama istri dan anaknya maka berhentilah merokok.

6. Jagalah kebersihan, baik kebersihan diri maupun lingkungan.

Nah bunda itulah gaya hidup sehat yang perlu diperhatikan agar kita mendapatkan  manfaat gaya hidup sehat untuk ibu hamil baik secara langsung atau tidak. Berikut manfaatnya : 

1. Meminimalkan resiko keguguran dan kelahiran prematur

Dengan melakukan gaya hidup sehat selama kehamilan dapat meminimalkan resiko terjadinya keguguran atau kelahiran prematur. Rokok, minuman beralkohol sangat berbahaya bagi janin karena dapat berakibat bayi menjadi cacat atau yang lebih parah lagi bisa mengakibatkan keguguran.

2. Mencegah berbagai penyakit

Manfaat gaya hidup sehat salah satunya adalah untuk mencegah berbagai macam penyakit yang dapat menghinggapi ibu hamil dan janin. Gaya hidup sehat harus dilakukan dengan memperhatikan pola makan dan minum, lingkungan yang lebih bersih baik dari polusi sampah, asap kendaraan, asap rokok, limbah pabrik dan berbagai hal lain yang mempengaruhi kesehatan. 

3. Terhindar dari stres

Ketika seorang ibu hamil menerapkan gaya hidup sehat secara disiplin dan benar maka secara otomatis ia akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa menjangkiti tubuh sehingga ia terhindar dari stres karena tidak akan banyak dipusingkan dengan penyakit yang diderita.

4. Tubuh menjadi bugar dan prima 

Menjalankan gaya hidup sehat akan membuat tubuh menjadi bugar  dan prima. Bagi ibu hamil tubuh yang bugar dan prima sangat dibutuhkan guna menunjang proses kehamilan dan persalinan.

5. Akan membuat tidur lebih berkualitas

Membiasakan diri dengan gaya hidup sehat akan membuat tidur kita jadi berkualitas. Tidur yang berkualitas membuat badan kita merasa segar, sehat dan bertenanga untuk menjalani rutinitas sehari-hari. Istirahat yang cukup secara rutin, nantinya akan mempengaruhi sistem peredaran darah dan juga fisik. Hal ini jelas sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya.

Demikian pembahasan kami tentang manfaat gaya hidup sehat untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat. Dan pilihan untuk memulai dengan gaya hidup sehat sepenuhnya ada ditangan Anda. Sekarang Anda lah yang menentukan!

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Ibu-ibu Wajib Tahu! Manfaat Gaya Hidup Sehat Untuk Ibu Hamil"

Post a Comment