10 Amalan Utama Di bulan Ramadhan

carasunda.com- 10 Amalan Utama Di bulan Ramadhan
 
Bulan ramadhan merupakan salah satu bulan yang sangat istimewa. Banyak keutamaan yang bisa kita raih pada bulan ramadhan. Oleh karena itu, saya mengajak pada semua mulsim dan mu’min untuk memanfaatkan bulan ramadhan ini dengan berlomba-lomba dalam kebaikan. Jangan sampai ramadhan kali ini kita hanya disibukan dengan urusan-urusan dunia saja. 

Dan berikut 10 amalan utama di bulan Ramadhan :

1.    Melakukan Ibadah Puasa
Rasululloh Shalallohu ‘Alaihi Wasalam bersabda yag artinya : “Barang siapa yang berpuasa ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhari dan Muslim)

2.    Melakukan shalat malam (shalat tarawih) dengan berjamaah
Rasululloh Shalallohu ‘Alaihi Wasalam bersabda yang artinya : “barang siapa yang shalat malam di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhari dan Muslim)

3.    Memperbanyak sedekah dan kedermawanan, seperti memberi makan fakir miskin, membantu orang yang membutuhkan, memberi makan orang yang berpuasa saat berbuka, dan lain-lain.
Rasululloh Shalallohu ‘Alaihi Wasalam bersabda yang artinya: “Barang siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun” (HR. Ahmad)

4.    Memperbanyak Baca Al Quran
Bulan Ramadhan merupakan bulan Al Quran, karena pada bulan Ramadhan Al Quran pertama diturunkan, sebagaimana firman Allah Subhanahu Wata’ala yang artinya : “Bulan Ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan penjelasan –penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS. Al Baqarah : 185)

5.    Melaksanakan Ibadah Umrah
Rasululloh Shalallohu ‘Alaihi Wasalam bersabda yang artinya: “Umrah pada bulan Ramadhan sama pahalanya seperti melakukan haji.” (HR. Bukhari dan Muslim)

6.    Melakukan I’tikaf di Masjid
Dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha beliau mengisahkan, “Sesungguhnya Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wsalam melakukan I’tikaf di sepuluh hari terakhir Ramdhan sehingga Allah Subhanahu Wata’ala mewafatkan beliau, kemudian para istri beliau sepeninggal beliau juga melakukan I’tikaf.” (Muttafaq ‘Alaihi)

7.    Mencarai keutamaan lailatul qadar dengan bersungguh-sungguh dalam beribadah.
Rasululloh Shalallohu ‘Alaihi Wasalam bersabda yang artinya: “barag siapa yang shalat malam pada malam lailatul qadar dengah penuh keimanan dan mengaharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

8.    Menyegerakan berbuka puasa dan mengakhirkan sahur.
Rasululloh Shalallohu ‘Alaihi Wasalam bersabda yang artinya: “Senantiasa manusia dalam keadaan baik selama mereka menyegerakan berbuka” (HR. Bukhari)
Rasululloh Shalallohu ‘Alaihi Wasalam juga bersabda yang artinya : “Lakukanlah santap sahur, karena dalam santap sahur terdapat kenberkahan.” (HR. Bukhari Muslim)

9.    Memperbanyak Dzikir, Doa, dan Istighfar
 Rasululloh Shalallohu ‘Alaihi Wasalam bersabda yang artinya: “Sesungguhnya orang yang berpuasa ketika ia berbuka, doanya tidak akan ditolak.” (HR. Ibnu Majah)

10.    Membayar Zakat Fitrah
 Dari Ibnu Abbas Radhiallahu ‘Anhuma beliau berkata : “Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasalam mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan orang-orang yang berpuasa dari kesia-siaan dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan fakir miskin. Barang siapa yang menuaikannya sebelum shalat (hari raya) maka zakatnya diterima dan barang siapa yang menuanaikannya setelah shaat maka itu hanyalah sedekah diantara sedekah biasa.” (HR. Abu Daud)
 
Demikian 10 Amalan Utama Di bulan Ramadhan  yang bisa saya share semoga bermanfaat dan menambah mitivasi kita untu terus memperbaiki kualitas untuk kesempurnaan ibadah kita sesuai petunjuk Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasalam.
 
Sumber : alhujjah.com dan YufidTV

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "10 Amalan Utama Di bulan Ramadhan"

Post a Comment