Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

carasunda.com- Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman
 
Menjelang lebaran seperti sekarang ini, saya menjadi tertarik untuk membahas topik tips mudik lebaran, meskipun sudah banyak para blogger lain yang mengangkat tema seperti ini. Tapi saya rasa tak ada salahnya saya mengulas kembali, ya sekedar mengingatkan Anda yang akan mudik ke kampung halaman masing-masing. 
 
Berbicara tentang mudik lebaran, ini merupakan tradsi yang sudah mengakar lama dalam kehidupan masyarakat di Tanah Air Kita. Mudik untuk merayakan lebaran di kampung halaman seperti menjadi suatu keharusan. Tak heran jika mereka menempuh berbagai cara agar bisa pulang ke kampung halaman, bersilaturahmi dengan sanak saudara, bercengkrama sambil makan kue lebaran, ketupat dan opor ayam. Ada yang menggunakan kendaraan pribadi dan ada pula yang menggunkan transfortasi umum, seperti bus, kereta api, kapal dan pesawat.
 
Pemandangan mudik lebaran yang hamper terjadi di setiap tahun adalah antrian kendaraan di jalan-jalan raya utama bahkan sampai menimbulkan kemacetan. Perjalanan pun menjadi panjang, melelahkan, bahkan mungkin stres bisa menghantui para pemudik.
 
Kondisi arus mudik lebaran dimana akan terjadi kepadatan transportasi, penumpukan penumpang di sepanjang jalan arus mudik, bisa saja akan menimbulkan  risiko bagi kesehatan bahkan kecelakaan lalu lintas yang bisa mengakibatkan  cedera atau  meninggal dunia. Tapi jika kita tahu tips mudik lebaran yang aman dan nyaman, dan bisa menerapkannya maka Insya Alloh kita akan sehat dan tidak akan khawatir lagi.
 
Nah, kali ini saya akan berbagi info mengenai tips mudik lebaran yang aman dan nyaman, dengan menggunakan  kendaraan pribadi (mobil) sehingga kita bisa selamat sampai kampung halaman.
 
Tips mudik lebaran dengan mobil pribadi
 
Hal-hal yang wajib Anda lakukan jika akan mudik ke kampung halaman dengan menggunakan mobil pribadi sehingga selamat sampai tujuan.
 
Hal-hal yang harus dilakukan untuk kendaraan Anda :
1.    Service terlebih dahulu mobil Anda sebelum berangkat. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mobil Anda dalam kondisi baik dan layak untuk dipakai mudik. Service mobil Anda secara menyeluruh di bengkel resmi.
  • Gantilah oli dengan oli yang terbaik agar mesin prima
  • Periksa semua lampu mobil apakah semua masih berfungsi dengan baik? Sebaiknya Anda membawa lampu dan sekering cadangan.
  • Periksa dan cek oli rem, pastikan rem berfungsi dengan sempurna
  • Periksalah aki mobil
  • Periksalah tekanan ban, bawa selalu ban serep, kunci roda atau kalau perlu ganti ban dengan yang baik.
2.    Bawalah perlengkapan kendaraan Anda (tool kit)
3.    Pakailah bahan bakar yang terbaik, seperti pertamax

Hal-hal yang harus Anda perhatikan sebagai pengemudi
  1. Pastikan bahwa kondisi badan Anda dan kelurga dalam keadaan fit, apalagi bagi pengemudi harus prima. Sebaiknya periksa dulu kesehatan Anda.
  2. Bawalah perbekalan dan obat-obatan yang diperlukan, manfaatkan posko-posko kesehatan jika sewaktu-waktu Anda dan keluarga memerlukannya.
  3. Hindari mengkonsumsi alkohol atau obat yang akan menyebabkan kantuk.
  4. Tatalah barang bawaan Anda dengan rapih dan benar di dalam mobil. Sehingga jika sewaktu-waktu diperlukan Anda mudah untuk mengambilnya dan saya sarankan agar tidak membawa barang melebihi kapsitas mobil.
  5. Jangan lupa berdo'a dahulu sebelum berangkat.
  6. Tetaplah tenang, sabar dan konsentrasi dalam menjalankan mobil Anda dan hindari kebut-kebutan.
  7. Patuhi rambu-rambu lalu lintas.
  8. Istirahatlah jika Anda merasa sudah lelah, idealnya 4 jam sekali Anda istirahat, manfaatkan rest area di sepanjang jalur mudik.
Demikian tips mudik lebaran yang aman dan nyaman. Semoga membantu Anda yang akan mudik ke kampung halaman sehingga Anda dan keluarga sampai dengan selamat.
 
Selamat Mudik dan ‘Idul Fitri 1439 H dari kami Admin Carasunda.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman"

Post a Comment