Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda

carasunda.com- Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda
 
Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda ini mungkin sama dengan pepes jamur tiram lainnya. Namun, saya mengkreasikan cara pembuatannya agar cita rasanya pas dilidah orang Sunda. Kebetulan juga saya asli orang Sunda. Namun bagi Anda yang bukan orang Sunda jangan khawatir, karena Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda ini cocok buat semua kalangan dari suku mana saja Anda berasal.
 
Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda sangat mudah di buat. Saya yakin siapapun mampu berkreasi dengan bahan baku jamur tiram ini. Buktinya saya bisa membuatnya, bahkan saya bisa membuat Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda ini sejak lama, sebelum saya menikah.
 
Sebelum membahas bagaimana membuat Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda, ada cerita menarik antara saya dan jamur tiram. So, izinkan saya bercerita sedikit saja ya…!
 
Pertama kali saya mengenal si Jamur Tiram ketika saya masih tinggal di desa kelahiran. Waktu itu saya baru lulus kuliah dan belum punya pekerjaan. Suatu hari saya bertemu dengan seorang teman dalam sebuah acara pengajian pemuda di desa saya. Dia bercerita tentang kesibukannya dalam budi daya jamur tiram. Mendengar ceritanya saya jadi tertarik. Sejak itu saya sering berkunjung ke rumahnya melihat bagaimana cara budi daya jamur tiram, dari mulai menyipkan bahan/media untuk menanam bibit, perawatan, panen serta pasca panen.
 
Dia juga bercerita bagaimana prospek dalam usaha budi daya jamur tiram di daerah kami. Saat itu sangat langka orang yang melirik  usaha ini. Bahkan waktu itu kami membeli bibitnya saja harus ke daerah lain/Kabupaten lain karena pada waktu itu kami belum bisa membuat bibit sendiri dengan berbagai kendala.
 
Akhirnya kami saat itu sepakat untuk membentuk kelompok pumuda tani yang bergerak secara khusus dalam budi daya jamur tiram. Mulai dari situ, di Desa saya ada sekitar 6-8 orang pemuda termasuk saya yang membudidayakan jamur tiram. Sayang kelompok pemuda tani tersebut kini hanya tinggal kenangan. Namun, berbagai menu olahan berbahan dasar jamur tiram mulai dari oseng jamur tiram, sop jamur tiram, mie jamur tiram, bakwan jamur tiram (dalam bahasa sunda bala-bala), jamur tiram krispi, dan pepes jamur tiram pernah dan sering saya buat. Baik untuk diri sendiri dan keluarga atau untuk jamuan bila ada teman berkunjung ke rumah. 

Akan tetapi, ada yang belum pernah saya buat, yakni resep sate jamur tiram. Insya Alloh deh lain waktu kalau ada waktu luang saya mau coba membuat dan nanti saya share.
 
Alhamdulillah, walaupun sekarang saya sudah punya istri dan tidak membudidayakan lagi jamur tiram tapi membuat aneka resep dari jamur tiram tersebut masih bisa. Bahkan resep-resep jamur tiram sering menjadi bekal makan anak saya ke sekolah. Salah satunya Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda ini. Bahan-bahannya sekarang saya dapatkan dengan membeli di pasar yang tidak jauh dari rumah.

Maaf ya ceritanya jadi ngelantur.

Baiklah sekarang kita fokus pada pembahasan intinya yakni membuat Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda. 

Bahan Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda
  • 250 gram jamur tiram segar, siangi dan cuci sampai bersih
  • 2 buah cabai merah besar, iris serong
  • 2 buah cabai hijau besar, iris serong
  • 1 buah tomat merah, iris-iris tipis
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh gula pasir
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus
  • Lidi/tusuk sate secukupnya untuk menyemat
Bumbu Halus Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangrai
Cara Membuat Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda
  • Campurkan menjadi satu dan merata, bumbu halus, irisan cabai, irisan tomat, garam, gula pasir, dan jamur tiram
  • Siapkan selembar daun pisang, taruh 2 sendok makan adonan jamur tiram lalu bungkus dan semat ujung-ujungnya dengan lidi/tusuk sate. Lakukan sampai adonan habis.
  • Kukus selama kurang lebih 20 menit. Lalu setelah matang diangkat dan panggang sebentar di atas api. Kemudian sajikan sebagai teman nasi putih Insya Alloh halal dan nikmat.
Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda tersebut saya buat untuk dua porsi. Anda bisa berkreasi sesuai selera keluarga Anda dengan bahan utama jamur tiram ini. Artinya Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda ini tidak bersifat mutlak.
                                                              Selamat berkreasi!

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda"

Post a Comment