Keutamaan Puasa Sunnah Arafah 9 Dzulhijjah

carasunda.com- Keutamaan Puasa Sunnah Arafah 9 Dzulhijjah
 
Foto : Bersama Dakwah
Salah satu puasa yang sangat dianjurkan adalah puasa sunnah arafah. Puasa sunnahh arafah dilakasanakan pada tanggal 9 dzulhijjah atau satu hari sebelum hari raya Idul Adha. Ketika para jemaah haji di tanah suci wukuf di Arafah maka para kaum muslimin yang tidak melakasanakan ibadah haji di sunnahkan melaksnakan puasa arafah. Walaupun hukumnya sunnah muakad tetapi barang siapa yang dapat melaksanaknnya maka akan mendapat keutamaan puasa sunnah arafah 9 dzulhijjah yang luar biasa bahkan lebih besar dari keutamaan puasa asyura.
 
Keutamaan puasa sunnah arafah 9 dzulhijjah berdasarkan beberapa hadits shahih adalah dapat menghapus dosa selama dua tahun yaitu satu tahun sebelumnya dan satu tahun sesudahnya. Hal ini berdasarkan keterangan yang disampaikan baginda Rasulullah Shalallahu alihi Wasalam.
 
Rasulullah Shallallahu ‘Alihi Wasallam di tanya tentang puasa pada hari arafah, lalu beliau menjawab, “puasa pada hari arafah itu menghapus dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun berikutnya” (HR. Muslim)
 
Dalam riwayat lain, dari Abi Qatadah, dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, ada seorang laki-laki bertanya kepada Nabi, “Bagaimanakah puasa hari arafah?” Beliau menjawab, “Dia dicatat di sisi Allah sebagai penghapus dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun sesudahnya” (HR. Ahmad)
 
Dari keterangan di atas,  kiranya cukup jelas tentang keutamaan puasa sunnah arafah 9 dzulhijjah yang sungguh besar. Maka berbahagialah orang yang dapat melaksanakannya dengan penuh keikhlasan dan kekhusyuan. Semoga kita termotivasi dan senantiasa diberikan kemudahan untuk melaksanaknnya. Aamiin!
Wallahu’alam



Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Keutamaan Puasa Sunnah Arafah 9 Dzulhijjah"

Post a Comment