Printer Tidak Terdeteksi? Begini Cara Mengatasinya

carasunda.com- Printer Tidak Terdeteksi? Begini Cara Mengatasinya

Pernahkan kamu mengalami masalah dengan printer yang tidak terdeteksi? Dan dan kamu bingung bagaimana cara mengatasi printer yang tidak terdeteksi? 

Tulisan ini nsaya tujukan buat kamu para pemula atau yang masih awam dalam hal tersebut (seputar maslah printer). Sebenarnya masalah tersebut bisa terjadi pada siapapun. Munculnya msalah tersebut terkadang tak pandang bulu, mau profesional atau awam seputar printer bisa saja mengalaminya. 

Namun bedanya ketika masalah tersebut muncul pada orang yang sudah sangat paham akan seluk beluk printer maka ia akan cepat mengatasinya. Akan tetapi bagaimana jika masalah printer tidak terdeteksi menimpa orang yang awam? Dan secara tiba-tiba printer kamu tidak dapat digunakan? Tentu saja akan muncul kecemasan dan akan mengalami sedikit kebingungan. Masalah tersebut juga dapat terjadi pada jenis printer apapun, baik Canon, Epson, hp, Samsung, maupun Brother. 

Nah asal kamu tahu ya, jika masalah printer yang tidak terdeteksi oleh PC atau Laptop itu, tidak selamanya yang bermasalahnya ada pada printernya, terkadang ada masalah lain. Untuk mengetahui berikut beberapa cara mengatasi printer yang tidak terdeteksi yang bisa kamu coba lakukan sampai printer kamu dapat dipakai kembali. 

Pertama, lakukan pengecekan fisik diantaranya periksa kabel USB printer apakah sudah terpasang dengan baik pada printer dan pada port PC atau Laptop. Pastikan juga bahwa kabel tersebut dalam kondisi masih layak pakai, tidak ada yang putus atau kerusakan lainnya.

Kedua, kamu harus memastikan bahwa driver  printer sudah diinstall dengan benar.  Karena jika belum terinstall, maka bisa dipastikan tidak akan terdeteksi sehingga jelas tidak bisa digunakan, terutama ini untuk printer baru yang belum ada pada sistem operasi PC atau Laptop kamu. Pastikan juga driver itu sesuai dengan seri printernya. Jika sudah ada drivernya, namun disinyalir ada kerusakan/corrupt, cobalah uninstall terlebih dahulu, kemudian di install ulang.
Ketiga, jika kamu merasa bahwa tidak ada masalah pada kabel maupun driver, saatnya kamu mencoba cek pada sistem operasinya yakni windows yang digunakan pada PC atau Laptop kamu.
Klik pada menu star- run (tekan icon windows + R) lalu ketik servives.msc 
Cari dan klik kanan pada Print Spooler, kemudian pilih Properties
Pada starup type, kamu pilih automatic lalu klik start

Apakah berhasil langkah-langkah cara mengatasi printer yang tidak terdeteksi di atas ? 

Jika belum berhasil terdeteksi juga coba kamu lepas semua sambungan PC atau Laptop dengan periperal lain, seperti scanner, atau perangkat lainnya, sesudah itu hidupkan kembali PC atau Laptop kamu.

Jika masih gagal juga coba lakukan langkah berikut :
Menu start > control panel > device and printer > add printer > add local printer > lalu pilih port yang digunakan > have a disk/lokasi driver > lanjutkan hingga selesai dan printer terdeteksi.

Nah itulah beberapa cara mengatasi printer yang tidak terdeteksi. Semoga ulasan kecil ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Printer Tidak Terdeteksi? Begini Cara Mengatasinya"

Post a Comment