Cara Mudah Mengatasi Hasil Print Putus-putus

carasunda.com- Cara Mudah Mengatasi Hasil Print Putus-putus

Dalam sebuah pembelajaran, seorang siswa bertanya  tentang bagaiman cara mudah mengatasi hasil print putus-putus? Ya memang ada kalanya ketika kita sedang mencetak file atau dokumen akan menemui masalah seperti hasil print yang bergaris putus-putus. Bisa jadi maslah tersebut dikarenakan printer yang sudah lama tidak dipakai atau printer yang terlalu sering digunakan. 

Sebenarnya masalah tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Dan resiko terparahnya adalah kita harus mengganti cartridge. Tentu saja hal tersebut tidak kita harapkan karena akan sangat menguras kantong, betul bukan? Oleh sebab itu penting kirannya kita mengetahui penyebab dan cara  mudah mengatasi hasil print putus-putus pada hasil cetakan dari pinter teman-teman.


Berikut beberapa penyebab print out atau hasil cetakan putus-putus dan cara mengatasinya :

1. Encoder kotor
Sering sekali encoder (pita berwarna putih bening panjangnya kira-kira 25 – 30 cm) yang kotor menjadi faktor penyebab hasil cetak putus-putus. Umumnya encoder kotor terkena percikan tinta karena printer terlalu sering digunakan mencetak. Cara mengatasinya bersihkan bagian encoder yang ada di belakang cartridge dengan tisue halus secara hati-hati dan menyeluruh.

2. Tersumbatnya head cartridge
Biasanya hal ini terjadi karena printer dibiarkan menganggur terlalu lama (tidak mencetak) sehingga tinta menggumpal pada bagian head cartridge, debu atau kotoran yang masuk ke tabung infus sehingga bercampur dengan tinta sehinggan head cartridge tersumbat. Cara mentasinya yaitu dengan membersihkan head cartridge dengan tisue atau rendam dengan air panas. 

3. Selang infus masuk angin
Masuk angin pada selang infus  dapat menyebakan  supply aliran tinta dari tabung infus ke cartridge tidak lancar sehingga hasil cetakan tidak sempurna seperti bergaris atau putus-putus. Ciri printer infus masuk angin yaitu adanya rongga udara di selang infus. Cara mengatasinya lepaskan L-knee dari cartridge lalu sambungkan dengan selang yang suadah terpasang pada sebuah suntikan kemudian kamu sedot hingga bagian rongga udara pada selang infus hilang. Atau menggunakan toolkit penyedot cartridge.

4. Bersihkan bagian cetak (head cleaning)
Head cleaning perlu kamu lakukan untuk membersihkan sebagian tinta pada cartridge agar hasil cetak bisa sempurna atau bagus. 

Demikian sedikit ulasan beberapa penyebab dan cara mudah mengatasi hasil print putus-putus. Jika cartridge printer kamu sudah kadaluarsa sebaiknya ganti dengan yang baru agar hasil cetaknya lebih bagus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi Hasil Print Putus-putus"

Post a Comment