Hasil Cetak Tabel Tidak Lurus? Begini Cara Mengatasi

carasunda.com- Hasil Cetak Tabel Tidak Lurus? Begini Cara Mengatasi

Tak perlu panik jika mengalami hasil cetak tabel tidak lurus seperti aslinya?Kamu pun tidak perlu mengangkut printer ke teknisi. Lalu? Kamu perlu tahun bagaimana cara mengatasi hasil cetak tabel tidak lurus sehingga bisa diatasi sendiri. 

Sebenarnya tidak terlalu sulit Cara mengatasi hasil cetak tabel tidak lurus, namun tetap saja kamu harus hati-hati saat melakukannya agar tidak merusak printer kamu. 

Kamu perlu tahu beberapa penyebab hasil cetak tabel tidak lurus diantaranya karena tersumbat bagian pori-pori head cartridge dan encoder kotor atau rusak.

Berikut cara mengatasi hasil cetak tabel tidak lurus khusunya pada printer canon, kenapa harus canon karena printer di rumah saya itu mereknya dan saya pernah mengalami masalah tersebut, jadi sekarang sedikit mau berbagi buat kamu semua.

Baca Juga : Cara Menghentikan Printer Saat Proses Mencetak

1. Matikan terlebih dahulu printer kamu
2. Kemudian lepaskan kabel power dan kabel USB
3. Selanjutnya bersihakan komponen-komponen printer yang berhubungan langsung dengan head cartridge seperti rel menggunakan tisue kering atau kain kering yang bersih.
4. Bersihkan juga encoder dari berbagai kotoran yang menempel seperti percikan tinta atau pelumas dengan menggunakan tisue basah atau kering. Jika kotornya tidak tertalu parah kamu bisa langsung membersihkan tanpa perlu membongkar printer untuk mengeluarkan encoder, kecuali jika kotornya parah. Kamu tahu encoder kan? Encoder adalah pita berwarna putih bening panjangnya kira-kira 25 – 30 cm yang letaknya berada di belakang cartridge. Apabila encoder sudah rusak sebaiknya ganti dengan yang baru.

Apabila cara mengatasi hasil cetak tabel tidak lurus tersebut belum berhasil, lakukan cara lain berikut ini :
1. Siapkan air panas di wadah yang datar 
2. Lepaskan cartridge dari printer 
3. Selanjutnya celupkan head atau pas bagian keluarnya tinta ke dalam air panas tadi. Jangan terlalu dalam ya agar tidak merusak cartridge kira-kira setengan centi meter dan biarkan kira-kira 1 menit. 
4. Angkat cartridge lalu lap dengan tisue atau kain kering yang bersih. Hati-hati agar tangan kamu tidak menyentuh bagian belakang head.
5. Apabila sudah kering dan bersih pasang kembali cartridge pada printernya.

Demikian cara mengatasi hasil cetak tabel tidak lurus, semoga artikel ini dapat menjadi solusi masalah kamu.  

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Hasil Cetak Tabel Tidak Lurus? Begini Cara Mengatasi"

Post a Comment