Mau Menghentikan Printer Yang Sedang Proses Mencetak? Begini Caranya

carasunda.com- Mau Menghentikan Printer Yang Sedang Proses Mencetak? Begini Caranya

Beberapa alasan bisa jadi memaksa kita menghentikan proses cetak yang sedang berlangsung pada printer. Mungkin karena ada kesalahan pemilihan file, gambar, foto atau dokumen yang akan kita cetak, salah setting jumlah lembar yang akan kita cetak, salah ukuran, salah edit dan lain-lain. Lalu bagaimana cara menghentikan printer saat dalam proses mencetak? 

Jika kita tidak tahu caranya maka bisa jadi akan menimbulkan masalah pada printer kita. Maka mengetahui cara menghentikan printer saat dalam proses mencetak dengan baik sangat penting. 

Beberapa cara yang tidak tepat diantaranya mencabut kabel power printer secara langsung, mematikan tombol power saat proses catak berlangsung dan menarik kertas yang sudah masuk di area cetak printer.

Nah berikut ini saya ulas sedikit bagaimana  cara menghentikan printer saat dalam proses mencetak yang baik dan benar:

Baca Juga : Cara Mengatasi Cetak Tabel Tidak Lurus

Apabila proses pengiriman dokumen ke printer masih berlangsung maka kita bisa menghentikannya dengan cara menekan tombol escape (Esc) atau klik saja tanda x (pada proses) yang muncul di bagian bawah status bar. 

Akan tetapi jika proses pengiriman file atau dokumen telah selesai dan proses pencetakan sedang berlangsung kita dapat melakukan penghentikan proses cetak dengan cara berikut ini :

1. Jika memang perlu ambilah tumpukan kertas kosong yang belum masuk pada area cetak printer. Pada sebagian printer jika terjadi kehabisan kertas maka secara otomatis akan muncul kotak dialog untuk memasukan kertas. Kamu klik cancel untuk membatalkan proses cetak.

2. Jika tidak muncul maka kamu masih bisa menghentikan proses cetak dengan cara cancel secara manual. Cara ini saya lakukan pada windows 7 : klik menu star > Devices and Printers  kemudian klik kanan pada printer yang kamu gunakan lalu klik item See what’s printing.

3. Sesudah kotak printing terbuka, kamu dapat menghentikan semua proses cetak yang sedang berjalan dengan memilih perintah cancel setelah klik kanan pada antrian printer yang akan kamu hentikan.

Cara menghentikan printer saat dalam proses mencetak tersebut dapat dilakukan pada beberapa jenis merk printer. Bagaimana mudah bukan? Semoga ulasan kecil ini bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Mau Menghentikan Printer Yang Sedang Proses Mencetak? Begini Caranya"

Post a Comment