Ini Dia Sejarah dan Perbedaan Antara Emoji, Emoticon dan Stiker

carasunda.com- Ini Dia Sejarah dan Perbedaan Antara Emoji, Emoticon dan Stiker

Pada zaman now ini, siapa sih yang tak suka chatting-an? Kalau dulu mengirim pesan hanya dilakukan melalui layanan sms, namun seiring perkembangan zaman yang semakin maju, kamu bisa melakukan hal tersebut dengan berbagai aplikasi yang tersedia hanya dalam satu genggaman.

Hadirnya BBM, WhatsApp, Line dan aplikasi-aplikasi chatting lainnya membuat aktivitas berkirim pesan menjadi lebih menyenangkan. Dimana pun, kapan pun dan siapa pun bisa chattingan hanya dengan paket data internet melalui aplikasi-aplikasi tersebut.

Namun, sering kali aktivitas tersebut menimbulakan kesalahpahaman. Wajar memang, karena kamu dan dia kan tidak berbicara saling berhadapan, face to face, sehingga tidak tahu unsur emosi dari raut wajah atau bahasa tubuh lawan bicara kita. Akibatnya sering terjadi ketidak sinkronan antara maksud kamu dengan si dia.

Nah, oleh karena itu munculah emoji, emoticon dan stiker yang bisa mewakili perasaan, raut wajah dan ekspresi tubuh kamu.

Tapi apakan kamu tahu bagaimana sejarah dan perbedaan antara Emoji, Emoticon dan Stiker? 
Yuk kita ulas satu persatu agar kamu tidak bingung lagi mengenai perbedaan ketiga makhluk menggemaskan ini.

Pertama, Emoji

Nah, kamu harus tahu sob, kalau emoji itu berasal dari bahasa jepang yang berarti gambar karakter. Pada umumnya emoji digunakan pada laman elektronik atau pesan teks. Karena semakin populernya emoji di Jepang maka berkembang pula ke berbagai Negara di luar Jepang termasuk Negara kita sob, Indonesia. 

Kamu tahu sob siapa pencipta emoji ini? Dia adalahShigetaka Kurita. Dia menciptaknnya sekitar tahun 1998-1999. Pertama kali emoji ini hanya berukuran 12 x 12 pixel. Nah mulai dari situlah para produsen emoji mulai meningkat hingga saat ini.

Kedua, Emoticon

Siapa sih yang bikin emoticon yang imut-imut itu? Ternyata banyak yang ngaku dirinya sebagai pencipta dan pengguna pertama emoticon ini sob. Namun dari sekian orang yang ngaku sebagai pencipta, Scott Fahlman lah orang yang pertama kali menggunakan emoticon berbentuk “:-)” dan “:-(” 

Oh ya sob, secara harfiah kata emoticon itu sendiri terdiri dari dua unsur yaitu emotion yang berarti emosi dan icon yang bermakna gambar orang suci. Pada dasarnya pembuatan emoticon ini sama tujuannya dengan emoji, akan tetapi emoticon lebih mengarah pada sebuah kombinasi dari simbol-simbol yang menggambarkan ekspresi wajah manusia dengan berbagai emosi.

Ketiga, Stiker

Nah, dalam aktivitas perpesanan stiker merupakan ilustrasi yang lebih detail dari karakter atau perasaan emosi, juga tindakan yang ingin kamu lakukan sob. Karena stiker merupakan percampuran dari emoji Jepang dan kartun sob. Stiker tidak hanya menampilkan ekspresi wajah sob, melainkan juga ekspresi tubuh sehingga karakternya lebih kuat. Oleh sebab itu stiker lebih beragam jika dibandingkan dengan Emoji dan Emoticon.

Sama halnya dengan Emoji, stiker juga berasal dari Jepang yang di buat pada tahun 2011 sob. Saat itu sebuah perusahaan bernama Naver sedang mengembangkan LINE di Jepang. Dan pada tahun 2012 koleksi stiker yang ada pada LINE berkebang dengan pesat hingga meluas keberbagai Negara di luar Jepang. 

Dan saat ini beberapa aplikasi lainnya juga mengikuti dengan memasang Stiker sebagai cara meluapkan emosi dalam aktivitas berkirim pesan.

Nah sekarang sudah tergambar jelas bukan sejarah dan perbedaan antara Emoji, Emoticon dan Stiker?
Jadi kesimpulannya, Emoji adalah gambar-gambar yang berorientasi hanya menampilkan emosi wajah atau mood orang. Walaupun seiring berjalannya waktu Emoji juga mengalami banyak perkembangan. 

Sedangkan Emoticon merupakan sebuah kombinasi simbol yang tersedia dimanapun termasuk dalam smartphone kamu dan menggambarkan keadaan emosi seseorang. Namun, agak cenderung kurang menyentuh lawan bicara.

Dan Stiker juga begitu hamper sama sosoknya dengan Emoji dan Emoticon. Akan tetapi stiker jauh lebih lebih kuta dalam tampilan karakternya. Sehingga pasti kamu juga sering dalam meluapkan perasaan saat berkirim pesan menggunakan stiker bukan?

Nah, demikianlah ulasan singkat kami tentang sejarah dan perbedaan antara Emoji, Emoticon dan Stiker. Sekarang kamu lebih paham tiga hal yang berkaitan erat dengan aktivitas perpesanan mobile tersebut.  

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Ini Dia Sejarah dan Perbedaan Antara Emoji, Emoticon dan Stiker"

Post a Comment