Tips Sehat Setelah Melahirkan




Mau tetap sehat dan bugar setelah melahirkan? lakukan ini!
Tips Sehat Setelah Melahirkan
pixabay.com
Kesehatan seorang wanita yang telah melahirkan di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya psikis dan fisik. Psikis wanita telah melahirkan akan terganggu akibat kelelahan dan kurang tidur. Demikian juga fisiknya akan mengalami penurunan  akibat banyak kehilangan darah. Beberapa kusus bahkan menunjukan wanita melahirkan mengalami beberapa masalah penyakit yang menyertainya. Oleh karena itu penting bagi wanita untuk merawat diri setelah melahirkan suapaya kesehatannya tetap stabil. Beberapa tips sehat setelah melahirkan ini dapat dilakukan untuk membantu menjaga tubuh tetap fit dan sehat.
Tips sehat setelah melahirkan agar tubuh tetap fit dan bugar

  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi
Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi harus mendapat perhatian khusus bagi wanita setelah melahirkan. Dengan asupan makanan sehat, bergizi dan seimbang dapat mempercepat pemulihan fisik wanita setelah melahirkan. Makanan tersebut dapat diperoleh dari aneka sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, telur, ikan segar dan juga daging. Kadar nutrisi tersebut harus mencukupi kebutuhan ibu dan bayinya. Kekurangan nutrisi dapat berakibat buruk bagi kesehatan ibu dan bayi bisa kekurangan gizi.

  • Minum susu
Minum susu tidak boleh diabaikan oleh seorang wanita setelah melahirkan. Susu dapat memenuhi asupan nutrisi bagi ibu dan bayinya karena mengandung kalsium, Protein, vitamin D, dan vitamin B.

  • Perbanyak air putih
Tips sehat setelah melahirkan  berikutnya yang tak kalah pentingnya dalah memperbanyak minum air putih. Tujuannya supaya tubuh tetap segar dan fit. Minum air putih sesuai anjuran bisa meningkatkan hidrasi sel-sel tubuh sehingga menunjang proses metabolisme.

  • Konsumsi Madu Murni
Tips sehat setelah melahirkan yang satu ini sangat jarang sekali dilakukan. Padahal mengonsumsi madu dapat menjaga dan meningkatkan stamina tubuh. Khasiat madu dalam menjaga kesehatan tubuh tak perlu diragukan lagi. Mengonsumsi madu yang di campur air putih dingin atau hangat pada pagi hari dapat memperlancar sistem pencernaan serta regenerasi sel-sel dalam tubuh.

  • Istirahat cukup
Kondisi tubuh seorang wanita  setelah melahirkan apsti akan melemah. Oleh karena itu  dibutuhkan istirahat yang tepat. Setidaknya dibutuhkan waktu 1-2 minggu waktu untuk istirahat total. Namun, wanita melahirkan dengan operasi caesar memerlukan waktu istirahat sekurang-kurangnya 1-2 bulan.

  • Menyusui
Sebagian wanita setelah melahirkan enggan menyusui bayinya dengan berbagai alasan seperti khawatir merusak bentuk payudaranya. Selain Asi merupakan nutrisi terbaik bagi bayi,  juga ada beberapa kemungkinan yang dapat terjadi apabila tidak menyusui seperti menderita nyeri payudara akut, terbentuknya benjolan di dalam jaringan payudara dan kanker payudara.

  • Tidak melakukan aktivitas berat
Bagi wanita yang baru melahirkan disarankan untuk tidak melakukan aktivitas berat, seperti mengangkat beban yang berat atau naik dan turun tangga. Siapkan semua keperluan ibu dan bayi ditempat yang mudah dijangkau. Jika tidak memiliki pembantu rumah tangga, tak perlu sungkan meminta saudara menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah tangga selama proses pemulihan.

Itulah beberapa tips sehat setelah melahirkan yang harus diperhatikan. Semoga artikel ini bermanfaat. 





Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Tips Sehat Setelah Melahirkan"

Post a Comment