8 Tips Sehat Setelah Bangun Tidur Di Pagi Hari



carasunda.com-8 Tips Sehat Setelah Bangun Tidur
Halo sobat carasunda.com! 
Kali ini saya akan berbagi tips sehat setelah bangun tidur di pagi hari. Kebiasaan sehat ini bisa kita lakukan setelah bangun tidur di pagi hari agar tubuh segar, bugar dan pikiran fres.
Oke langsung saja kita bahas satu persatu tips sehat setelah bangun tidur di pagi hari. Berikut ulasannya!


Bangun lebih awal
Bangun lebih awal sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sangat dianjurkan untuk bangun pada sepertiga malam terakhir atau sekitar jam 3 pagi. Bagi kaum muslimin Waktu tersebut sangat baik untuk melakukan shalat tahajud. Selain itu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika terbiasa bangun lebih awal diantaranya : 
  • Memiliki waktu lebih untuk melakukan berbagai aktivitas bermanfaat seperti olah raga, membaca atau memasak. 
  • Kebugaran dan kesegaran tubuh akan terjaga 
  • Bisa mencegah penuaan dini
  • Bisa membuat kita awet muda
  • Bisa menghilangkan sifat malas dan lain-lain.

Berdoa
Berdoa pada saat kita bangun tidur akan membuat hati menjadi tenteram dan bisa menghindarkan diri dari berbagai pikiran negatif.

Membaca Quran
Sebagai seorang muslim kebiasaan membaca Quran setelah shalat subuh berjamaah di masjid sangat membatu menjaga pikiran dan perasaan tetap tenang dan tentram sehingga terhindar dari stres dan masalah psikologis lainnya.

Minum air putih
Minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur merupakan tips sehat setelah bangun tidur yang harus dibiasakan. Dan tahukan Anda manfaat dari minum air putih seteleh bangun tidur? 
  • Dapat membersihkan toksin atau racun dalam tubuh
  • Dapat membuat badan segar dan tidak terasa ngantuk lagi
  • Menyehatkan saluran pencernaan
  • Dapat melancarkan aliran darah dan pasokan oksigen dalam tubuh
  • Dapat menstabilkan proses metabolisme tubuh

Mandi dan gosok gigi
Kalau tips sehat setelah bangun tidur yang satu ini pasti sudah paham kan? Mandi pada pagi hari harus dilakukan agar tubuh menjadi bersih dan segar. Selain itu, mandi juga dapat menjadi senjata ampuh untuk mengusir rasa kantuk yang bisa saja menyerang. 
Untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi sebaiknya lakukan gosok gigi pada pagi hari setelah bangun tidur agar mulut dan napas terasa segar.

Minum madu asli
Walaupun tidak wajib, tetapi tips sehat setelah bangun tidur yang satu ini sangan bermanfaat untuk kesehatn tubuh. Meminum madu asli yang dicampur air putih dingin atau hangat dapat membuat kesehatan lambung dan usus terjaga. Dan bisa terhindar dari kembung serta sembelit. 

Olah raga
Tips sehat setelah bangun tidur pada pagi hari yang tidak boleh kamu sepelekan adalah olah raga. Dengan berolah raga semua organ tubuh akan kembali bekerja secara maksimal. 
Berolahraga ringan di pagi hari seperti lari pagi atau bersepeda keliling kampung bisa menjadi pilihan yang tepat dalam menjaga tubuh kita tetap bugar serta bisa membantu meningkatkan konsentrasi saat bekerja.   
Anda pun tidak perlu melakukannya dengan durasi waktu yang lama, cukup 30 menit sampai satu jam. Yang penting, lakukan secara rutin dan teratur.  

Sarapan 
Sarapan merupakan aktivitas di pagi hari yang tidak boleh ditinggalkan. Sebaiknya lakukan sarapan sebelum berangkat ketempat kerja. Sarapan dengan menu yang sehat dan alami akan membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh.
Kalau di kampung saya tidak terlalu susah mencari bahan makanan alami dan sehat untuk sarapan. Seperti telur ayam tinggal ngambil di sarangnya. Kacang-kacangan, buah pepaya atau pisang, tinggal petik di kebun belakang rumah. Tapi oke lah di mana pun Anda berada usahakan sarapan sehat.

Demikianlah tips sehat setelah bangun tidur di pagi hari yang bisa Anda lakukan. Semoga tulisan ini memberikan dampak yang positif bagi hidup kita. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "8 Tips Sehat Setelah Bangun Tidur Di Pagi Hari"

Post a Comment