Wilujeng Sumping Selamat Datang

Profil Deddy Mizwar Calon Gubernur Jawa Barat Periode 2018-2023

foto : pilkada.or.id
Profil Deddy Mizwar sangat menarik untuk diangkat menjadi tulisan. Selain memiliki nama besar dalam kancah perfilman Nasional, Deddy Mizwar pun tergolong sukses sebagai politikus. Ia menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018 mendampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Kini Demiz, sapaan akrabnya, menjadi calon gubernur Jawa Barat yang diusung partai Demokrat dan Golkar berpasangan dengan Dedi Mulyadi.
Di rangkum dari berbagai sumber berikut profil Deddy Mizwar calon gubernur Jawa Barat periode 2018-2023.  
Nama lengkap : Deddy Mizwar
Tempat Tgl lahir : Jakarta, 5 Maret 1955
Agama : Islam
Keluarga
Nama Istri : R. Giselawati Wiranegara
Nama Anak : Senandung Nacita dan Zulfikar Rakita Dewa
Pendidikan
  • Sekolah Asisten Apoteker atau Farmasi
  • Pernah belajar di Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ) atau sekarang Institut Kesenian Jakarta (IKJ) namun tidak selesai

Karier
  • Pernah menjadi pegawai di Dinas Kesehatan DKI Jakarta tapi tidak lama hanya kurang lebih 2 tahun.
  • Pernah menjadi Ketua Badan Pertimbangan Perfilman Nasional pada periode 2006-2009
  • Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018

Profil Deddy Mizwar Dalam Dunia Perfilman Nasional
Menarik memang kalau melihat profil Deddy Mizwar dalam perjalanan kariernya, dimana ia pernah bekerja di Dinas Kesehatan DKI Jakarta namun tidak lama. Anak dari pasangan H. Adrian Andres dan Sun'ah ini merasa bahwa menjadi pegawai bukanlah profesi yang diinginkannya. Darah seni yang mengalir dari ibunya yang pernah memiliki sanggar betawi ternyata lebih kuat, sehingga ia memutuskan menggeluti seni peran. Sejak usia 18 tahun (sekitar tahun 1973) Deddy Mizwar sudah aktif di teater remaja Jakarta. Dari sinilah bakat aktingnya semakin terasah. 
Pada Festival Teater Remaja di Taman Ismail Marzuki Deddy Mizwar pernah terpilih sebagai aktor terbaik. Untuk mengembangkan bakat aktingnya ia pernah belajar di Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ) atau sekarang Institut Kesenian Jakarta (IKJ) namun tidak selesai karena lebih memilih terjun langsung ke dunia film.
Penghargaan Yang Pernah Deddy Mizwar Dapatkan pada ajang FFI :
  • Pemeran Pria Terbaik dalam film Arie Hanggara (1986), Naga Bonar (1987) dan Naga Bonar Jadi 2 (2007)
  • Pemeran Pembantu Pria Terbaik dalam film Opera Jakarta (1986) dan Kuberikan Segalanya (1987)

Penghargaan lain :
  • Pemeran Pembantu Pria Terbaik Piala Vidia FSI dalam Vonis Kepagian  tahun 1996
  • Pemeran Pria Terbaik, Sutradara Terbaik dan Sinetron Terbaik FSI dalam Mat Angin tahun 1999
  • Beberapa judul film yang pernah ia bintangi diantaranya : Cinta Abadi (1976), Sunan Kalijaga (1984), Sunan Kalijaga & Syech Siti Jenar (1985), Opera Jakarta (1986), Arie Hanggara (1986), Naga Bonar (1987), Kiamat Sudah Dekat (2003), Naga Bonar (Jadi) 2 (2007), Ketika Cinta Bertasbih (2009) dan masih banyak lagi.

Profil Deddy Mizwar Dalam Dunia Politik Nasional
Kesuksesannya sebagai aktor, sutradara, produser dan bintang iklan sejumlah produk membuat ia tergoda terjun dalam dunia politik. Sangat wajar memang kalau para politisi memeperebutkan dirinya sebagai seorang publik figur yang populer.
Puncaknya pada tahun 2013 ia menerima pinangan sebagai calon wakil gubernur Jawa Barat berpasangan dengan incumbent Ahmad Heryawan. Popularitas Deddy Mizwar cukup berpengaruh terbukti pada pemilihan Gubernur (pilgub) Jawa Barat, Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat Periode 2013 -2018.
Beberapa waktu yang lalu Deddy Mizwar yang berpasangan dengan Dedi Mulyadi telah didaftarkan ke KPU provinsi Jawa Barat oleh partai Demokrat dan Golkar sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Periode 2018-2023. Apakah Demiz akan terpilih? Kita tunggu drama politik selanjutnya.  




Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Profil Deddy Mizwar Calon Gubernur Jawa Barat Periode 2018-2023"

Post a Comment