Wilujeng Sumping Selamat Datang

Kereta Api Terpanjang Di Dunia, Ada di 4 Negara ini?

leigh coal creek

carasunda.com-Tercatat 4 Negara Ini Memiliki Kereta Api Terpanjang Di Dunia
Salah satu alat transportasi yang banyak digunakan diberbagai negara di seluruh dunia adalah kereta api. Ada beberapa jenis kereta api diantaranya, kereta api penumpang dan kereta api pengangkut barang. Alat transportasi ini memiliki  keunikan tersendiri seperti panjang kereta api, kecepatan, dan jarak tempuhnya. 
Tahukah kamu negera mana asaja yang memiliki kereta api terpanjang di dunia? Berikut bocorannya.
1. Belgia
Belgia memiliki kereta api terpanjang di dunia. Kereta api ini sudah tercatat di guinness world of records sebagai kereta api penumpang terpanjang di dunia dengan panjang 1732.9 m yang terdiri dari 70 gerbong dan ditarik oleh satu lokomotif listrik. Kereta api dengan bobot mencapai 2.786 ton ini dibuat oleh perusahaan kereta nasional Belgia. Kereta api ini dibuat dalam rangka amal untuk penelitian kanker di Belgia. Adapun kecepatan rata-ratanya mencapai 52.8 km/jam. Namun sayang setelah itu kereta api tersebut dibongkar. Akan tetapi kereta api tersebut telah resmi tecatat sebagai kereta api yang membawa penumpang terpanjang di dunia. 
2. Australia
Australia memiliki kereta api terpanjang di dunia yaitu kereta api leigh coal creek. Panjang kereta api ini mencapai 3km. Ini merupakan kereta api barang yang mengangkut batubara. Setiap hari kereta ini menempuh rute sejauh 250 km menuju pembangkit listrik Port Augusta di Australia. Kereta api barang ini terdiri dari 160 gerbong dan ditarik tiga lokomotif yang digabungkan. Kecepatan kereta api ini mencapai 80 km per jam.  
The Ghan
Selain itu, ada lagi kereta api terpanjang di dunia milik Australia. Kereta ini merupakan kereta api penumpang. The Ghan, begitulah nama kereta api tersebut. beberapa tahun lalu, The Ghan secara resmi telah dinobatkan guinness world of records sebagai kereta api terpanjang di dunia. Panjang resminya yaitu 1,09 km terdiri dari 44 gerbong penumpang dan 2 lokomotif. Dikutif dari detik.com, The GHAN merupakan kereta api penumpang legendaris di Australia yang bisa menampung sekitar 5.800 penumpang sekali jalan. Tidak hanya itu, The Ghan juga sudah menyiapkan 55 kru untuk melayani para penumpangnya. Kereta api ini mulai beroperasi sejak 1929 melayani rute dari Adelaide menuju ke Darwin, membelah benua Australia dari ujung selatan menuju ke utara. Perjalanan sejauh 2.979 km ditempuhnya selama 54 jam atau sekitar 3 hari 2 malam dengan 1 kali berhenti di Kota Alice Springs sekitar 4 jam. Kecepatan rata-rata kereta ini mencapai 85 Km/jam.
3. Kanada 
Kanada juga memiliki kereta api terpanjang di dunia. Dikutif dari kereta-api.info, panjang kereta api ini mencapai 2.7 km. Kereta api ini digunakan untuk mengangkut material-material baik yang save atau material berbahaya.
4. Indonesia
Negara kepulauan Indonesia ternyata memiliki kereta api terpanjang di dunia yakni kereta api angkutan barang di Bogor. Bukan dari rangkaian gerbongnya, namun kereta api barang tersebut telah tercatat dalam rekor MURI sebagai kereta api barang yang menempuh rute terpanjang dalam sejarah perkeretaapian Indonesia. Dengan menempuh jarak 1.060 km pada tanggal 2 Juli 2014, kereta api ini telah menempuh rute  dari stasiun Nambo Bogor menuju satsiun Banyuwangi.
Rangkaian kereta barang yang terdiri dari 20 gerbong ini dipakai mengangkut semen milik PT. ITP (Indocement Tunggal Prakarsa) menuju gudang pendistribusian di Banyuwangi.
Nah itulah 4 negera yang memiliki  kereta api terpanjang di Dunia, semoga informasinya bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Kereta Api Terpanjang Di Dunia, Ada di 4 Negara ini?"

Post a Comment