Pengertian Workbook dan Worksheet Pada Microsoft Excel

Jika kamu sering menggunakan program microsoft excel, kamu pasti familiar dengan workbook dan worksheet. Namun bagi para pemula tentu belum begitu paham tentang pengertian workbook dan worksheet pada microsoft excel
Bagi adik-adik pelajar yang sedang mempelajari materi MS Excel, tulisan saya tentang pengertian workbook dan worksheet ini, bisa kamu jadiin bahan ajar sehingga kamu dapat memahaminya.

Pengertian workbook pada Microsoft Excel
Workbook adalah format file standar pada Microsoft Excel, di mana didalamnya terdapat beberapa worksheet sebagai lembar kerja. Workbook dapat diibaratkan sebuah buku kerja yang di dalamnya terdapat lembaran-lembaran kertas bernama worksheet.
Ketika kamu memulai bekerja menggunakan Microsoft Excel dengan membuka halaman kerja baru, maka saat itulah kamu mempunyai sebuah workbook baru yang masih kosong.  Adapun default  worksheet pada sebuah workbook berjumlah tiga buah yaitu sheet 1, sheet 2 dan sheet 3.
Perhatikan gambar berikut!
Workbook standar dengan 3 sheet

Pengertian worksheet pada Microsoft Excel
Selanjutnya saya akan uraikan sedikit tentang worksheet. Worksheet adalah lembaran-lembaran kerja di sebuah workbook pada Microsoft Excel. Kamu bisa menambah atau mengurangi worksheet sesuai kebutuhan pekerjaan yang sedang kamu lakukan.
Apabila kamu hanya memerlukan tiga buah worksheet, maka kamu sudah tidak perlu menambah sheet baru. Sedangkan jika kamu hanya membutuhkan dua worksheet kamu bisa menghapusnya atau biarkan saja kosong tak terpakai.
Untuk menambahkan worksheet baru, kamu klik  INSERT, sedangkan untuk menghapusnya cukup klik DELETE mudah bukan?
Perhatikan gambar berikut! 
Menambah Worksheet
Menghapus worksheet

Selain itu, kamu juga bisa memberi nama pada setiap worksheet sesuai keinginan atau kebutuhan. Caranya yaitu  double klik (klik kanan lalu rename) pada teks sheet, kemudian ketikan nama sheet yang kamu inginkan. 
Perhatikan gambar berikut!
Mengubah nama (rename)

Demikian penjelasan singkat saya tentang pengertian workbook dan worksheet pada Microsoft Excel.

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Pengertian Workbook dan Worksheet Pada Microsoft Excel"

Post a Comment