Memilih Tempat Kuliah dan Jurusan Yang Tepat



carasunda.com-Memilih Tempat Kuliah dan Jurusan Yang Tepat
Memilih tempat  kuliah dan jurusan yang tepat merupakan topik menarik untuk di bahas. Topik ini setidaknya bisa membantu para lulusan  SMA atau yang sederajat dalam menentukan pilihan kuliah yang tepat sehingga sukses masa depan bukan hanya ilusi. Perlu kita camkan bahwa saat ini untuk bersaing mendapatkan masa depan yang lebih baik semakin berat. Tidak akan cukup hanya mengandalkan ijazah SLTA.  Banyak lowongan pekerjaan saat ini membutuhkan bidang yang lebih spesifik dengan jenjang strata-1 atau minimal diploma 3. Kondisi seperti  ini membuat dorongan yang cukup kuat kepada masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, baik di dalam negeri atau memilih melanjutkan ke keluar negeri. 
Namun memilih tempat  kuliah dan jurusan yang tepat bukan pekerjaan yang ringan. Sering kali kita kekurangan informasi tentang tempat kuliah pilihan kita dan ditambah dengan lemahnya mengenal bakat dan minat kita dalam bidang yang akan dipilih menjadi hambatan yang akan menyebakan kita menyesal dikemudian hari.
Berikut kami ulas tips memilih tempat kuliah dan jurusan yang tepat agar menjadi langkah awal Anda untuk mendapatkan kesuksesan di masa yang akan datang.
  • Ketahui bakat dan minat anda

Janganlah Anda ikut-ikutan teman atau saudara dalam memilih jurusan atau program studi kuliah Anda, padahal jurusan tersebut tidak anda minati dan tidak sesuai dengan bakat yang Anda miliki. Memilih jurusan atau program studi yang sesuai dengan bakat dan minat Anda akan membuat kuliah yang Anda jalani terasa nikmat. Anda akan bersemangat dalam mengahadapi setiap tantangan dan kesulitan semasa kuliah. Anda akan semangat dalam mempelajari setiap materi yang ada dibangku kuliah.
  • Sesuaikan dengan cita-cita 

Setiap orang tentu memiliki cita-cita. Nah jika Anda sudah tahu cita-cita anda seperti apa maka hal ini akn memudahkan Anda dalam menentukan jurusan atau program studi yang akan dijalani.
  • Tentukan lokasi  perguruan tinggi

Menentukan lokasi pergurua tinggi yang akan menjadi tempat Anda kuliah perlu di perhatikan secara bijak. Apakah Anda pilih di kota sendiri atau keluar kota? Jika pilihannya luar kota yang jauh dari tempat tinggal Anda sebaiknya pilihlah perguruan tinggi yang mudah diakses oleh transfortasi umum dan ketersediaan tempat indekos yang memadai.
Setelah itu, kenali dengan baik visi dan misi perguruan tinggi tersebut, apakah fasilitasnya cukup lengkap untuk menunjang kuliah, apakah para dosen yang mengajarnya berkualitas dan kompeten dan apakah jurusan yang akan Anda pilih sudah terakreditasi dengan baik? Himpunlah informasi dari berbagai sumber sebanyak-banyaknya sebagai bahan pertimbangan Anda. Anda bisa mendapatkan hal tersebut dari website perguruan tinggi yang bersangkutan, mengikuti acara-acara yang diadakan kampus tersebut seperti open house atau dari teman, sahabat, orang tua, guru-guru Anda dan orang-orang yang mengenal kampus tujuan Anda.
  • Pertimbangkan biaya

Anggaran biaya yang disediakan orang tua dan biaya kuliah dari perguruan tinggi yang Anda tuju perlu dipertimbangkan. Biasanya lulusan SMA atau sederajat belum memiliki penghasilan. Jika anggaran minim dan terbatas sebaiknya pilih yang dekat tempat tinggal saja atau pilih perguruan tinggi dengan biaya kuliah dan biaya hidup terjangkau. Atau Anda bisa mencari tambahan biaya kuliah lewat jalur beasiswa, meminta keringanan biaya kuliah atau bekerja paruh waktu. Sehingga Anda bisa tetap kuliah dengan pilihan yang terbaik.
  • Pertimbangkan karir dan pekerjaan

Anda juga perlu pertimbangkan karir dan pekerjaan dengan matang jika nanti sudah lulus. Apakah setelah Anda lulus ada kepastian karir dan lapangan pekerjaan yang akan didapatkan? Bukan rahasia lagi bahwa saat ini banyak sarjana yang menjadi pengangguran. Sebaiknya Anda pilih kampus yang benar-benar menghasilkan lulusan yang siap pakai. Dan pastikan perguruan tinggi tersebut memilki kerja sama yang baik dengan dunia usaha atau industri, sehingga akan memudahkan lulusannnya mencari pekerjaan.
Akan lebih baik lagi jika perguruan tinggi tersebut memiliki lembaga pengembangan karir dalam rangka membantu lulusannya mendapatkan pekerjaan yang sesuai.
Demikian tips memilih tempat  kuliah dan jurusan yang tepat. Harapan saya Anda dapat memilih memilih tempat  kuliah dan jurusan yang tepat sehingga bisa meraih kesuksesan di masa yang akan datang.


Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Memilih Tempat Kuliah dan Jurusan Yang Tepat"

Post a Comment