Wilujeng Sumping Selamat Datang

Profil Umar Khayyam, Matematikawan Muslim Terkenal



carasunda.com-Profil Umar Khayyam, Matematikawan Muslim Terkenal
Apakah Anda pecinta Matematika? Nah jika Anda pecinta atau punya hobi matematika maka tentu Anda tahu matematikawan muslim paling terkenal?  Atau Anda belum tahu siapa tokoh matematikawan muslim paling terkenal? Jika Anda belum tahu, tenang saja sekarang saya akan ulas secara tuntas  profil tokoh matematikawan muslim terpopuler yaitu Umar Khayyam.
Umar Khayyam adalah salah seorang tokoh matematika yang sangat terkenal. Ia dikenal bukan hanya oleh bangsa Arab tapi juga dikenal hingga bangsa Eropa saat itu. Bahkan hingga kini seluruh bangsa manusia masih mengenang dan terus mempelajari ilmu hasil penemuannya.
Umar Khayyam lahir di kota Naisabur, ibu  kota Khurasan, timur laut Iran pada tanggal 18 Mei tahun 1048. Beliau wafat pada tanggal 31 Desember 1131. Umar Khayyam merupakan salah satu ilmuan terkenal pada masanya yang hidup pada abad ke-11. Ia memiliki nama lengkap Ghiyatsuddin Abu Fath Umar bin Ibrahim Al-Khayyami. Dalam bahasa Persia Khayyam artinya pembuat tenda. Kota Naisabur merupakan kota yang sangat istimewa buat Umar Khayyam karena selain sebagai kota tempat ia dilahirkan juga merupakan pusat pendidikan bangsa Persia pada saat itu, tak terkecuali Umar Khayyam. Ia menempuh pendidikan yang cukup lama di kota tersebut. Dan setelah selesai menyelesaikan pendidikannya di kota Naisabur, Umar Khayyam kemudian melanjutkan pendidikan di Samarkand.
Kontribusi Umar Khayyam bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Kontribusi Umar Khayyam bagi perkembangan ilmu pengetahuan sungguh sangat luar biasa. Pada tahun 1073 Umar Khayyam berhasil membangun sebuah observatorium di Isfahan. Pembangunan tersebut direstui dan atas perintah sultan pada saat itu, Malik Syah.  Dan pada tahun 1079 beliau berhasil menyempurnakan perhitungan kalender Persia yang sebelumnya telah diciptakan oleh Jalaluddin Abu Al-Fath. Kemudian kalender tersebut diberlakukan oleh Sultan Jalaluddin Maliksyah Saljuki yang memerintah sekitar tahun 1072-1092.
Umar khayyam dikenal sebagi ahli matematika ketika beliau berusia sekitar 30 tahunan. Beliau lah yang pertamakali mengenalkan persamaan parsial dan geometri serta beliau membuat pembagian persamaan linear.
Umar Khayyam dikenal sebagai ahli sastra
Namun perlu Anda tahu bahwa Umar Khayyam perama kali terkenal atau dikenal banyak orang sampai saat ini bukan karena ahli matematikanya tetapi ketika beliau menulis syair atau ruba’iyat. Ruba’iyat ialah syair empat baris khas Persia yang ditulis dengan rima a-a-a-a atau a-b-a-b. Umar Khayyam mulai menulis ruba’iyat pada awal abad ke 11. Hasil karyanya kini banyak diterjemahkan kedalam aneka bahasa. Diantaranya dalam bahasa inggris oleh Edward Fitzgerald pada tahun 1859 dengan judul The Ruba’iyat of Omar Khayyam.
Nah jadi kita bisa menarik kesimpulan bahwa Umar Khayyam, disamping seorang yang ahli dalam bidang matematika dia juga sebagai seorang sastrawan yang pandai membuat syair atau puisi. Umar Khayyam juga dikenal sebagai seorang yang ahli dalam bidang astronomi, ahli sufi dan juga dikenal sebagi filusuf. 
Demikian profil Umar Khayyam, matematikawan muslim terkenal semoga menambah pengetahuan dan wawasan Anda.
Sumber : disarikan dari berbagai sumber


Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Profil Umar Khayyam, Matematikawan Muslim Terkenal"

Post a Comment