Wilujeng Sumping Selamat Datang

Tips Mengatasi Anak Rewel Dengan Cinta Dan Perhatian



carasunda.com-Tips Mengatasi Anak Rewel Dengan Cinta Dan Perhatian
By : Ummi Zaahidah
Anak yang suka rewel kerap membuat orang tua bukan hanya mati gaya, melainkan emosi yang meledak membuat para orang tua tak sadar, malahan spontanitas ada yang sampai melakukan kekerasan fisik. Jika anak buah ati ayah bunda rewel tidak usah marah lebih baik kenali gejalanya lalu atasi dengan tips mengatasi anak rewel yang ayah bunda kira paling epektif.
Ayah dan bunda harus ingat bahwa sejatinya anak adalah amanah terindah yang diberikan Allah kepada para orang tua dengan segenap keunikan dan kreatifitasnya. Problematika orang tua saat ini adalah ketidak mampuannya dalam mengelola emosi dengan arahan dan respon positif yang baik kepada anak,  dan berhenti mengatasi anak rewel dengan kemarahan yang meluap dan kejengkelan yang tak terbendung. Karena bukan solusi yang akan didapat malah anak semakin menjauh dengan konsekuensi ketakutan yang berlebihan kepada orang tuanya. Dalam postingan kali ini saya mengulas sedikit tips mengatasi anak rewel

Berikut tips mengatasi anak  rewel dengan cinta dan perhatian
1. Kenali gejala anak rewel. 
Biasanya kalau anak rewel pasti ada tujuan dan maksud tertentu. Disini para ayah dan bunda harus jeli membaca kondisi,  kalau anak rewel menurut psikologi biasanya dalam keadaan tertentu salah satunya anak dalam keadaan lapar, haus, atau tidak nyaman entah karena faktor lingkungan eksternal maupun internal bisa jadi anak dalam keadaan jenuh atau sakit. Tips mengatasi anak rewel seperti ini dengan mengatur strategi supaya anak nyaman baik itu membuatnya kenyang dan tidak haus juga berikan perhatian dan cinta sepenuhnya dengan mengajaknya bermain untuk meminimalisir kejenuhannya. 
Jika anak rewel pada jam-jam tertentu biasanya anak  dalam keadaan mengantuk dan capek. Kenali dan atur jam istirahat anak  pada waktu-waktu tertentu biasanya menjelang tidur siang atau karena kecapean.
3. Berhenti memanjakan anak terlalu berlebihan. 
Memanjakan anak mengakibatkan efek yang tidak baik di masa yang akan datang. Bukan hanya mengakibatkan anak tidak mandiri melainkan wibawa atau kredibilitas orang tua juga akan rendah di hadapan anak. Biarkan anak sesekali melakukan pekerjaannya sendiri  tanpa dibantu, ayah dan bunda hanya bertugas sebagai pengarah ketika anak merasa sudah kesulitan dan perlu bimbingan.
4. Kondisi anak sedang sakit. 
Dalam hal ini anak  masih dalam tahap wajar ketika sakit  akan rewel yang berlebihan karena kondisi tubuhnya tidak fit. Tips mengatasi anak rewel seperti ini adalah dengan memberikan cinta dan perhatian sepenuhnya kepada anak supaya anak lebih sabar meminimalisir sakitnya, peluklah anak sesering mungkin karena akan mempererat hubungan batin antara anak dan orang tua.
5. Mencari perhatian. 
Biasanya anak rewel karena ada maksud, bisa jadi anak  menangis dan rewel adalah salah satu  jurus jitu anak supaya orang tua mau membelikan mainan atau karena menginginkan sesuatu. Kunci tips mengatasi anak rewel semacam ini adalah arahkan anak  dan atur pola komunikasi yang baik.
  Setiap anak itu unik dan memiliki keunggulan yang berbeda, begitu pun  anak tidak bisa disamakan karena mereka sudah diberikan kelebihan masing-masing. Kita sebagai orang tua harus bisa membaca kondisi ketika anak rewel. Berhenti melabeli anak rewel dan bandel dan sering-sering lah mengapresiasi anak ketika melakukan pembiasaan baik karena itu akan menguatkan pola komunikasi yang efektif. 
Demikian artikel tips mengatasi anak rewel dengan cinta dan perhatian, mudah-mudahan bermanfaat.
   


Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Tips Mengatasi Anak Rewel Dengan Cinta Dan Perhatian"

Post a Comment