Tips Tidur Yang Berkualitas Ala Orang Awam



carasunda.com-Tips Tidur Yang Berkualitas Ala Orang Awam
Salah satu syarat agar badan kita selalu bugar dan sehat adalah istirahat yang cukup. Kalimat tersebut mengandung makna bawa tidur kita dituntut agar berkualitas. Kualitas tidur tidak melulu diukur dari frekuensi lamanya akan tetapi banyak faktor yang dapat mempengaruhi tidur seseorang berkualitas atau tidak. 
Kenyataanya, ada beberapa orang diantara kita yang sangat sulit untuk tidur atau insomnia. Hal ini dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan jika dibiarkan secara terus-menerus. Tapi juga ada orang yang tidur melulu bahkan sulit untuk dibangunkan, entah apa istilahnya ya…? Hal demikian juga sangat tidak baik. Padahal jika tahu tips tidur yang berkualitas maka persoalan tersebut dapat diatasi.
Tidur yang berkualitas akan menunjang performa kita pada aktivitas siang hari. Tapi tidak setiap orang tahu dan bisa tidur dengan kualitas yang baik. Tips tidur yang berkualitas ala orang awam ini merupakan pengalaman yang dijunjang dari beberapa referensi. Bagaimana tidur yang baik dan berkualitas? Yuk langsung aja simak tips tidur yang berkualitas alan orang awam berikut ini!
  1. Bersihkan dahulu tempat tidur anda agar nyaman dipakainya. Kalau perlu semprotkan aroma terapi agar menambah suasana tenang. Anda harus pastikan jika ditempat tidurnya bersih, dan tidak ada barang-barang yang dapat membahayakan diri anda.
  2. Usahakan cuci kaki, tangan dan muka jika anda akan menuju tempat tidur. Atau berwudlulah sebelum tidur, hal ini khusus bagi yang muslim. Sehingga anda tidur dalam keadaan suci.
  3. Tips tidur yang berkualitas selanjutnya adalah biasakan untuk berdoa sebelum anda tidur.
  4. Buanglah kebiasaan anda melamun, atau memainkan handphone atau gadget/smartphon anda sebelum tidur. Karena hal tersebut akan mengganggu konsentrasi dan kenyamanan dalam tidur anda nantinya.
  5. Tidurlah diawal waktu. Hindari kebiasaan begadang kalo memang tidak perlu atau hindari tidur terlalu larut malam. sebaiknya usahakan tidur seawal mungkin jika memang anda sudah tidak memiliki pekerjaan rumah atau memang tidak sedang lembur di tempat kerja. Ketika anda begadang karena hal-hal yang tidak jelas dan kurang perlu, akan merugika kesehatan tubuh anda dan akibatnya pasti pekerjaan anda akan terganggu.
  6. Jika anda tidak terbiasa tidur dengan lampu menyala sebaiknya matikan saja atau gunakan lampu temaram atau remang-remang.
  7. Biasakan anda tidur dengan posisi menghadap kesebelah barat, posisi kepala disebelah utara. Hal ini memerlukan pengaturan posisi ranjang anda.
  8. Usahakan minimal tidur kurang lebih 5 jam
  9. Biasakan bangun pagi dengan berdoa kemudian langsung bersihkan badan dengan mandi. Jika udara dingin bisa diganti dengan air hangat.

Demikian tips tidur yang berkualitas ala orang awam. Semoga bermanfaat dan membantu anda menyelesaikan masalah tidur anda. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Tips Tidur Yang Berkualitas Ala Orang Awam"

Post a Comment