Wilujeng Sumping Selamat Datang

Mengenal Fungsi dari Kegunaan Kabel UTP



carasunda.com-Mengenal Fungsi dari Kegunaan Kabel UTP
Kegunaan kabel UTP atau Unshilded Twisted-Pair secara umum adalah untuk jaringan data komputerisasi atau jaringa berbasis lokal area network (LAN). Sejatinya kabel UTP memiliki ragam tipe namun yang sering digunakan yaitu kabel UTP 4 pair.
Dunia teknologi yang semakin berkembang turut mempengaruhi perubahan kabel UTP terutama kategori kabel yakni kabel UTP category1 (cat1) sampai kabel UTP category7 (cat7). Perbedaan dari masing-masing kategori ada pada tingkat kerapatan, semakin tinggi kategori akan semakin cepat transfer datanya. Dari sisi harga, kabel ini memiliki harga yang cukup terjangkau serta kualitas bagus. 
Untuk melindungi dari kerusakan ketegangan fisik, didalamnya sudah ada insulasi satu lapis. Namun insulasi tersebut tidak bisa melindungi kabel dari  munculnya interferensi elektromagnetik. Hal tersebut berbeda dengan kabel STP  atau Shielded Twisted-Pair. 

Fungsi Kabel UTP
Secara umum fungsi kabel UTP digunakan untuk Local Area Network (LAN) dalam suatu sistem jaringan komputer. Pada umumnya, kabel UTP memiliki impedansi sekitar 100 ohm, terbagi menjadi dalam beberapa kategori, seperti disebutkan di atas, di mana kategori tersebut didasarkan pada kemampuannya dalam mengantarkan suatu data.
Pada suatu organisasi perkantoran atau perusahaan yang memiliki banyak komputer dan bekerja dalam satu waktu, maka kabel UTP tersebut menjadi sangat dibutuhkan yang berguna untuk membangun satu jaringan antar komputer. Dengan menggunakan kabel UTP ini, penggunaan komputer akan lebih epektif dan efisien karena adanya hubungan yang terjalin antara komputer satu dengan lainnya.
Dengan memanfaatkan jaringan LAN, suatu organisasi perusahaan atau kantor bisa mentransfer data menjadi lebih cepat dan mudah dari berbagai komputer yang saling tersambung. Mayoritas instansi kantor atau perusahaan telah menggunakan kabel UTP ini dalam membuat sebuah jaringan antar komputer yang berada di area kerjanya.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel UTP
Setelah membahas kegunaan kabel UTP, sekarang kita akan bahas kelebihan dan kekurangan kabel UTP 
Kelebihan Kabel UTP
  • Kabel UTP memiliki kulitas bagus dan harga terjangkau.
  • Memiliki diameter yang lebih kecil jika dibandingkan kabel STP, sehingga kabel UTP lebih mudah dalam proses instalasi jaringan.
  • Kabel UTP lebih fleksibel dari kabel STP, sebab kabel UTP tidak memiliki pelindung alumunium foil yang menyelubunginya.
  • Jaringan dengan kabel UTP lebih mudah dalam proses pemeliharaannya, sehingga sangat cocok dipakai dalam ruangan.

Kekurangan Kabel UTP
  • Kabel UTP tidak kuat menahan interference atau gangguan yang sumbernya dari luar, misalkan arus listrik, atau cuaca dan lain-lain
  • Karena karakternya lentur dan mudah terkelupas, maka kabel ini tidak cocok untuk area yang luas dan medan yang berat. Kenapa? karena kabel UTP akan sulit untuk bertahan dalam kondisi seperti itu.
  • Tidak dapat digunakan dalam instalasi jarak jauh, maksimum sekitar 100 m. Karena dari beberapa pengalaman, jika kabel STP dapat ditarik sampai 150 m dari node sampai ke client dengan tidak mengalami loss sedikitpun, sedangkan kabel UTP ini tidak bisa melakukan hal demikian seperti kabel STP. 
  • Anda harus teliti dan jeli memilih kualitas kabel UTP. Karena di pasaran sangat banyak beredar merk kabel UTP serupa dengan kualitas dan harga yang bervariatif. Maka, daripada nantinya Anda menyesal karena telah memilih kabel dengan merk yang kurang baik, sebaiknya pilihlah kabel kabel UTP bermerk atau branded serta bergaransi.

Itulah sekilas pembahasan tentang kegunaan kabel UTP, Fungsi Kabel UTP serta kelebihan dan kekurangan kabel UTP





Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Mengenal Fungsi dari Kegunaan Kabel UTP"

Post a Comment