Wilujeng Sumping Selamat Datang

Awas Bahaya Facebook Mengintai Keharmonisan Rumah Tangga Anda

carasunda.com- Awas Bahaya Facebook Mengintai Keharmonisan Rumah Tangga Anda

Facebook atau media soasial lainnya mempunyai dua sisi yang tidak bisa dihindari oleh para penggunanya.  Satu sisi para user facebook bisa memanfaatkannya  untuk hal-hal positif seperti jualan online, membangun jaringan, promosi produk atau jasa. Namun pada sisi lain bahaya facebook bisa mengintai kondisi kehidupan yang buruk apabila seorang user tak dapat menyikapi dengan bijak, bahkan penggunaan facebook dapat saja merusak keharmonisan rumah tangga. 

American Academy of Matrimonial Lawyers dalam sebuah studinya merilis fakta bahwa tingkat perceraian di Amerika Serikat media sosial mencapai 80 persen. Sebuah kasus juga terjadi di Negara kita, Indonesia. Pada awal tahun 2013 di Probolinggo muncul kasus perceraian karena facebook. Dikutif dari berbagai sumber menyatakan bahwa, angka perceraian di Indonesia gara-gara media sosial ternyata juga meningkat setiap tahunnya. 

Oleh sebab itu awas bahaya facebook bisa saja mengintai keharmonisan rumah tangga kita. 

Bagaimana bahaya facebook dapat merusak keharmonisan rumah tangga ? berikut ini beberapa hal yang harus kita renungkan dan kita sikapi secara bijak. 

1. Berlama-lama dengan facebook dari pada dengan keluarga

Nah apakah Anda suka berlama-lama dengan media sosial, facebook khususnya dari pada suami atau istri dan anak-anak? Apakah Anda juga lebih asyik update status dari pada update kabar suami atau istri dan kondisi anak-anak di sekolah? 

Mari kita renungkan! Jika itu yang terjadi pada diri kita maka secara tidak sadar kita sedang merusak keharmonisan rumah tangga kita sendiri.

Tatkala kita lebih asyik dan sibuk bersama media sosial maka kemungkinan besar pasangan kita atau anak kita akan merasa tidak diperhatikan dan merasa tidak dihargai bahkan mungkin merasa tidak dibutuhkan lagi.

2. Sarana menjalin kemesraan dengan orang lain

Terkadang bagi sebagian orang media social, facebook khususnya kerap dipakai sarana untuk mendekati orang lain. Dan tak sedikit pula yang mengumbar kemesraan  dengan yang bukan pasangannya (suamu/istrinya). Walaupun niatnya sekedar berteman atau chatting saja, maka akan mengundang kecemburuan dari pasangan kita.
  
3. Komunikasi dengan pasangan tersendat

Tak sedikit orang yang orang kecanduan media sosial, facebook misalnya. Dan banyak pula yang mengabaikan komunikasi dengan suami atau istri dan anak-anaknya.

Realitas kehidupan rumahtangga saat ini sungguh ironis. Dimana seorang suami istri duduk bersama dalam satu ruangan, berhadap-hadapan tetapi mereka tidak menghiraukan satu sama lain. Mereka sibuk dan asyik masing-masing dengan smartphonenya. 

Jika kondisi tersebut tersu berlangsung dan jadi kebiasaan, hubungan suami istri akan semakin tersendat dan pasti sangat mengganggu keharmonisan rumah tangga.

4. Sarana mengumbar aib rumah tangga

Tak jarang kita menemukan para user facebook khususnya yang membuat status tentang aib keluarganya sendiri. Seperti yang saya pernah temukan, seorang istri yang membagikan link suatu berita sambil memberikan catatan yang mengumbar aib pasangannya.

Bagi sebagain orang mungkin sepele, namun tidak ada suami atau istri yang suka aibnya dibuka di depan publik. Apalagi oleh pasangannya sendiri. Ia akan merasa dilecehkan dan bisa saja terjadi hal yang lebih buruk dalam kehidupan rumah tangganya, seperti perceraian.

Demikian ulasan saya tentang bahaya facebook bagi kehidupan rumah tangga kita. Mungkin para sobat carasunda punya pengalaman tentang bahaya facebook ini silahkan share pada kolom komentar sebagai bahan renungan. Dan kami membuka ruang diskusi di kolom komentar. 

Semoga bermanfaat dan ambilah hikmahnya!

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Awas Bahaya Facebook Mengintai Keharmonisan Rumah Tangga Anda"

Post a Comment