Soal USBN Sejarah SMA/MA

carasunda.com- Soal USBN Sejarah SMA/MA 
Salah satu persiapan dalam menghadapi ujian, seperti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang perlu ditempuh ialah mempelajari dan berlatih mengerjakan soal-soal ujian, baik yang disediakan oleh sekolah atau download di internet. Salah satu mata pelajaran yang akan di USBN-kan adalan Sejarah Indonesia/Sejarah. Oleh karena itu, saya mencoba memposting informasi tentang Soal USBN Sejarah SMA/MA.
 
Soal USBN Sejarah SMA/MA dapat didownload langsung pada link yang tersedia. Namun soal ini hanya sebagai bahan latihan dan pendalaman materi guna mempersiapkan USBN SMA/MA. 

Soal-soal ini tidak merepresentasikan soal-soal USBN tahun sekarang. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bentuk-bentuk Soal USBN Sejarah SMA/MA bisa saja mirip dengan soal USBN yang akan datang.
 
Berikut contoh Soal USBN Sejarah SMA/MA bisa kamu baca. Soal ini sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya sehingga akan memudahkan kamu dalam mempelajarinya.

SOAL USBN SEJARAH SMA/MA 
PILIHAN GANDA
1.    Dalam sejarah Indonesia kita mengenal pembabakan zaman praaksara, zaman Hindu- Buddha dan zaman Islam. Pengelompokkan atau pembabakan peristiwa-peristiwa masa lampau yang sangat panjang menjadi beberapa zaman disebut ....
A.    kronik
B.    kronologi
C.    anakronis
D.    kontinuitas
E.    periodisasi

2.    Setiap cabang ilmu pengetahuan mempunyai obyek-obyek yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Walaupun demikian, banyak ilmu pengetahuan yang mempunyai obyek penelitiannya tentang manusia dengan penekanan dan sudut pandang yang berbeda-beda. Sedangkan obyek yang dipelajari dalam ilmu sejarah adalah manusia dan masyarakat....
A.    Dalam sudut pandang ekonomi.
B.    yang melakukan peristiwa besar
C.    dalamwaktu yang relatif lama

D.    dalam sudut pandang tempat.
E.    yang hidup pada masa lampau

3.    Pengkajian sebuah gejala sosial dengan menekankan kepada hukum kausalitas (sebab- akibat) meliputi, latar-belakang sebuah peristiwa, sebab-sebab, proses terjadi peristiwa sampai dengan akibat-akibat yang ditimbulkan secara memanjang dan berdimensi waktu, merupakan bentuk pengkajian yang bersifat ....
A.    dinamis
B.    statis
C.    struktural
D.    sinkronis
E.    diakronis

4.    Sejarah itu bersifat saling keterkaitan dari peristiwa yang satu dengan peristiwa yang lain atau dikenal dengan diakronis, sedangkan ilmu-ilmu sosial lain bersifat sinkronis yaitu ...
A.    melebar dalam ruang
B.    menyempit dalam ruang
C.    memanjang dalam waktu
D.    terbatas pada ruang dan waktu
E.    tidak memiliki batasan dalam waktu

5.    Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI dilaksanakan di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta. Tempat atau daerah terjadinya peristiwa tersebut, dalam konsep ilmu sejarah dikenal dengan dimensi ....
A.    ruang
B.    waktu
C.    manusia
D.    kronologi
E.    dinamika

6.    Sejarah merupakan rekaman kreasi jiwa manusia yang terus menerus berproses dan berinteraksi dengan ruang dan waktu tertentu. Oleh karena itu, pada setiap penulisan karya sejarah, disamping membahas bagaimana (how) peristiwa sejarah  terjadi, sejarawan juga mengkaji tentang ....
A.    who (Siapa), When (Kapan) dan Where (Dimana)
B.    why (Mengapa), Where (Dimana), What (Apa)
C.    who (Siapa), Why (Mengapa), dan When (Kapan)
D.    when (Kapan), Where (Dimana) dan What (Apa)
E.    why (Mengapa), When (Kapan) dan Where (Kapan)

7.    Sejarah sebagai suatu kisah, ilmu sejarah memerlukan suatu metode untuk mengolah fakta menjadi kisah sejarah, fakta menjadi kisah sejarah. Metode tersebut salah satunya adalah heuristik yaitu ….
A.    mengkaji sumber sejarah yang digunakan

B.    menganalisis sumber-sumber sejarah
C.    memanfaatkan sumber sejarah-sumber sejarah
D.    mencari dan menghimpun sumber sejarah
E.    menggali dan memilah-milah sumber sejarah

8.    Perhatikan pernyataan berikut ini :
(1)    Mencari sumber makanan yang tersedia
(2)    Goa sebagai tempat tinggal
(3)    Hidupnya masih berpindah-pindah
(4)    Sudah ditemukan bukti tertulis
Yang menjadi ciri-ciri kehidupan manusia praaksara pada masa berburu dan maramu makanan tingkat awal (paleolithikum) adalah ….
A.  (1) dan (2)
B.  (1) dan (3)
C.  (1) dan (4)
D.  (2) dan (3)
E.   (3) dan (4)

9.    Para pedagang dari Arab datang ke nusantara tidak hanya bertransaksi dengan pedagang pribumi, tetapi juga dengan pedagang Hindu dan Cina yang juga berdagang di Indonesia. Tujuan mereka sama yaitu mencari rempah-rempah yang pada saat itu menjadi komoditi utama yang sangat popular. Kedatangan pedagang Arab tersebut ditandai dengan ….
A.    munculnya perkampungan Arab di sekitar pelabuhan
B.    munculnya pasar disekitar pelabuhan tradisional
C.    munculnya kampung-kampung disekitar pelabuhan
D.    munculnya hunian-hunian baru disekitar pelabuhan
E.    berkembangnya jasa transportasi darat dan laut

10.    Perhatikan gambar di bawah ini :
(1)    peralatan dari tulang
(2)    Kehidupan di gua
(3)    Gambar tapak tangan di dinding gua
(4)    Kapak batu bergerigi
Yang merupakan hasil budaya masa mesolithikum ditandai pada nomor …. A. (1) dan (2)
B.  (1) dan (3)
C.  (2) dan (3)
D.  (2) dan (4)
E.   (3) dan (4)

Untuk mendownload Soal USBN Sejarah SMA/MA secara lengkap berikut kunci jawabannya silahkan klik pada link di bawah ini!

Download Contoh ke-1 Soal USBN Sejarah SMA/MA
Download Contoh Ke-2 Soal USBN Sejarah SMA/MA

 
Demikian informasi tentang Soal USBN Sejarah SMA/MA yang dapat saya sampaikan semoga dapat membantu kamu dalam mempelajri soal-soal dalam persiapan menghadapi USBN tahun sekarang.

Subscribe to receive free email updates:

6 Komentar untuk "Soal USBN Sejarah SMA/MA"