Resep Cireng Enak Plus Sambal Kacang Spesial

Mau tahu resep cireng enak plus sambal kacang spesial? Cireng merupakan salah satu kudapan khas tatar Sunda yang juga digandrungi masyarakat tanah air. Cireng sangat nikmat jika disantap bersama sambal kacang dan secangkir kopi atau teh hangat. 
Walaupun cireng harganya cukup murah dan mudah kita dapatkan, namun jika kita bisa mebuat sendiri di rumah tentu akan lebih menyenangkan bukan? Saya sendiri bersama istri dan anak-anak sering membuat cireng ini. Dan kebetulan kami sekeluarga sangat menggemari jajanan ini.
Resep cireng enak sangat mudah kita buat. Bahan utamanya adalah tepung  aci atau tapioka/kanji. Bunda atau ayah tidak perlu keahlian khusus jika ingin membuat jajanan ini. Namun jika belum tahu bagaimana membuat cireng enak berikut saya ulas resep cireng enak plus sambal kacang spesial. 

Bahan-bahan dan Bumbu Resep Cireng Enak :
½ kg tepung aci/tapioka/kanji 
2 sdm tepung terigu 
6 siung bawang putih, haluskan
3 batang seledri, iris tipis
4 batang daun bawang, iris tipis
½ sdt merica bubuk 
1 gelas atau 200 ml santan dan saya gunakan santan kara supaya praktis
Secukupnya garam dan penyedap rasa 
Dan minyak goreng

Bahan Bumbu Sambal  Kacang Spesial :
1 gandu gula merah 
1 sdm air asam jawa 
Garam secukupnya
2 sdm kacang tanah goreng 
Cabe rawit merah sesuai selara
Air hangat secukupnya 

Cara Membuat Resep Cireng Enak :
Tepung tapioka/kanji atau tepung aci dengan tepung terigu diaduk hingga rata dalam wadah, beri garam, penyedap, merica bubuk, daun bawang dan daun seledri yang sudah diiris.
Bawang putih ditumis hingga harum, terus masukkan santan, aduk hingga mendidih. Kemudian angkat dan tuangkan ke dalam adonan tepung.  Aduk lagi sampai rata lalu diuleni dengan tangan hingga kalis.
Lalu bentuk bulat kecil-kecil lalu dipipihkan atau sesuai selera sampai adonan tak tersisa.
Goreng dengan api kecil hingga matang lalu angkat dan tiriskan.

Cara Membuat Sambal Kacang Spesial :
Semua bahan untuk membuat sambal di atas diulek sampai halus kemudian beri air hangat matang secukupnya, lalu diaduk sampai rata dan sambal kacang spesial siap disajikan.
Hmmm...!!! Resep cireng enak plus sambal kacang spesial siap dihidangkan dan disantap bersama kelurga. Jangan lupa secangkir kopi atau teh hangatnya ya. Yumm....

Oke! selamat mencoba resep cireng enak plus sambal kacang spesial.







Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Resep Cireng Enak Plus Sambal Kacang Spesial"

Post a Comment