Wilujeng Sumping Selamat Datang

Apa Manfaat Bermain Air Untuk Anak?

Anak-anak apabila bertemu dengan air umumnya sangat betah bermain. Bukan hanya kegitan berenang saja, mandipun merupakan hal istimewa yang selalu mereka tunggu. Jika sedang mandi mereka sangat betah berlama-lama dan tak mau beranjak maunya bermain air terus. Bagi anak-anak bermain ciprat-cipratan, menakar-nakar air, mengapungkan-apungkan bola di bak mandi merupakan sesuatu hal yang sangat menyenangkan. 
Tak jarang, para Ibu yang kesulitan membujuk anaknya untuk keluar dari kamar mandi. Alih-alih berhasil, malah kerap kali si anak berontak dan menangis karena masih betah bermain air. Bagi para bunda yang memiliki anak hobi bermain air tidak perlu khawatir, karena hal tersebut justru bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Apa Manfaat Bermain Air Untuk Anak? cara sunda kutif dari berbagai sumber berikut penjelasannya :
1. Sarana Untuk Mengendalikan Emosi Anak
Manfaat bermain air untuk anak salah satunya ialah sebagai sarana agar dapat mengendalikan emosi anak. Bagi orang dewasa relaksasi bisa dengan berendam di air hangat. Kalau bermain air untuk  anak-anak dapat membuat emosinya lebih tenang dan fun. Menyiram, menghentak-hentakan kaki di air, menyiprat-nyipratkan air, dan menepuk-nepuk adalah cara paling sederhana bagi anak-anak dalam mengekspresikan emosinya. 
2. Mendorong Perkembangan Fisik Anak
Berikutnya manfaat bermain air untuk anak yang perlu diketahui adalah dapat mendorong perkembangan fisik anak. Tatkala anak menuangkan air, menciprat-cipratkan air dan lain-lain maka kegiatan tersebut sesungguhnya bisa mendorong perkembangan kordinasi motorik mereka yakni mata dan melatih ketangkasan tangan. 
3. Belajar Problem Solving
Apa manfaat bermain air untuk anak? dengan beramain air anak akan belajar memecahkan masalah. Tatkala anak bermain benda yang bisa mengapung di air, secara tidak sadar Bunda sudah mengajarkan kepada anak bahwa tidak semua benda tenggelam. Apa artinya? Mereka akan tahu bahwa beberapa benda besar dapat mengambang sehingga anak akan belajar hukum sebab akibat. 
4. Meningkatkan Perkembangan Kreativitas Anak
Manfaat bermain air untuk anak  selanjutnya dapat meningkatkan kretaivitas anak. oleh karena itu biarkan buah hati bunda bermain air dengan mainan kesukaannya supaya imajinasinya terangsang serta mereka akan dapat menemukan hal-hal baru. 
Beberapa kegiatan bermain air selain berenang dan mandi
Mencuci sepeda 
Beri mereka fasilitas supaya bisa mencuci sepeda sekaligus bermain iar. Sediakan peralatan yang dibutuhkan seperti ember, gayung, sikat, dan juga sabun. Namun bunda atau ayah sebaiknya membimbing mereka cara mengguyur sepedanya, lalu menyikat ban dengan  dan memakai sabun agar bersih, serta seterusnya. Jelaskan pula kepada anak agar menghemat air. 
Menyiram tanaman
Menyiram tanaman dengan melibatkan anak pada pagi atau sore hari juga secara tidak langsung merupakan pendidikan kepada mereka agar menyayangi tumbuhan. Ayah atau Bunda juga harus menjelaskan kepada anak bahwa tanaman harus disiram agar tidak layu/mati. 
Demikian sahabat cara sunda manfaat bermain air untuk anak yang dapat kami ulas. Sekarang ayah dan bunda tak perlu risau lagi jika anaknya senang bermain air. Hanya saja Ayah dan Bunda harus memperhatikan peralatan dan mainan yang save bagi anak  saat bermain air. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Apa Manfaat Bermain Air Untuk Anak?"

Post a Comment