Wilujeng Sumping Selamat Datang

Jajanan Khas Sunda Yang Melegenda


Ada banyak jajanan khas Sunda yang enak dan populer. Jajan ini ada sejak jaman dulu dan hingga sekarang masih lestari. Di diberbagai wilayah tatar Sunda kita bisa menjumpai cemilan-cemilan ini, khususnya di Kota Kembang, Bandung.
Mau tahu apa aja jajanan khas Sunda yang meleganda? Yuk simak ulasan cara sunda selanjutnya!



1. Surabi/Serabi
Jajanan khas Sunda yang satu ini masih mudah kita jumpai.  Surabi dibuat dengan cara di bakar di atas tungku yang terbuat dari tanah liat. Sederhana bukan? Namun justru alat ini membuat cita rasa surabi terasa aslinnya. Selain surabi rasa asin yang sering dijumpai diberbagai tatar Sunda, ada juga aneka varian rasa surabi dengan berbagai toping yang bisa dipilih sendiri, diantaranya nangka, pisang, duren, keju, cokelat, sosis, dll.
2. Peuyeum Bandung
Peuyeum Bandung sangat populer hingga kini sebagai buah tangan. Ketiak kita jalan-jalan ke kota Kembang maka peuyeum Bandung menjadi salah satu oleh-oleh yang diburu. Peuyeum mereupakan sejenis tape yang terbuat dari singkong. 
3. Wajit Cililin
Wajit Cililin merupakan cemilan khas sunda yang terbuat dari beras ketan, kelapa dan gula merah yang dimasak menjadi satu. Jajanan khas sunda ini merupakan oleh-oleh asli dari Cililin, di Kabupaten Bandung Barat. Walaupun ada banyak jenis wajit, namun wajit cililin mempunyai ciri khas dan rasa nikmat. Ciri utamanya dibungkus dengan cangkang jagung.
4. Cilok 
Cilok merupakan jajanan khas sunda yang banyak disukai masyarakat Jawa Barat, baik anak-anak maupun orang dewasa. Sekarang cilok (aci dicilok) hadir dengan beragam inovasi baik bentuk maupun rasanya. Dulu hanya berbumbu saus kacang, tapi kini kita bisa mencicipi lezatnya cilok saus mayonise dengan isian beraneka rasa.
5. Colenak
Colenak (dicocol enak) sudah sangat legendaris. Kudapan ini sudah ada sejak jaman dulu. Colenak terbuat dari peuyeum atau tape singkong yang dibakar kemudian ditaburi enten (campuran gula jawa/gula aren dengan parutan kelapa). Tua atau muda, rakyat atau pejabat pasti suka colenak.
6. Bandros
Jajanan khas Sunda ini berbahan dasar tepung beras. Adonan tepung di tambah santan kelapa kemudian di masak di atas cetakan dan ditaburi parutan kelapa. Hmmm...! ada juga yang menyebut gonjing.
7. Comro
Comro (oncom di jero), beberapa daerah sunda menyebut gemet. Jajanan khas sunda ini terbuat dari singkong parut lalu diberi bumbu dan dibentuk bulat/oval kemudian diberi isi ulekan sambal oncom ditambah daun kemangi. 
8. Cireng
Cireng merupakan jajan khas sunda berbahan tepung kanji/tapioka (aci) kemudian dicampur dengan aneka bumbu. Ada banyak varian isi cireng seperti sosis, ayam, keju, hingga smoked beef.
9. Misro
Jajanan khas sunda ini hampir sama dengan comro hanya saja rasanya manis karena isinya gula merah bukan ulekan sambal oncom. 
Sahabat cara sunda itulah beberapa jajan khas sunda yang masih lestari dan bisa kita nikmati. Tentu saja masih banyak jajanan khas sunda lainnya. Silahkan dishare di kolom komentar!







Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar untuk "Jajanan Khas Sunda Yang Melegenda"

Post a Comment